-->

Pendamping Lokal Desa Lumajang Selenggarakan Pelatihan Mandiri

CAKRAWALADESA.COM, Klakah - Pendamping Lokal Desa (PLD) menyelenggarakan pelatihan mandiri dengan narasumber dari Tenaga Pendamping Profesional tingkat kabupaten pada Selasa (25-05-2021) yang bertempat di Pawon Stasiun Klakah Lumajang.

Menurut kooirdinator acara Wahyu Hidayat menerangkan bahwa  penamaan pelatihan mandiri karena semua akomodasi hingga pemateri semuanya dilakukan secara swadaya oleh semua PLD se kabupaten Lumajang.

"Kita saat ini memerlukan peningkatan kapasitas sebagai PLD karena banyak regulasi berkaitan dengan desa maupun permintaaan data dari kememtrian yang perlu kita update setiap saat", jelas PLD dari kecamatan Klakah ini.

Ia juga menjelaskan jika pada tahun sebelumnya kita selalu mendapat pelatihan baik dari Kementrian Desa maupun dari Dinas Pemberdayaan Provinsi Jawa Timur tapi sejak pandemi kita harus belajar secara mandiri baik melalui virtual maupun pelatihan mandiri seperti saat ini.

Supriadi selaku koordinator Pendamping tingkat kabupaten menuturkan bahwa ada banyak hal yang harus tersampaikan pada PLD selaku kepenjangan Kementrian Desa yang langsung berhadapan dengan desa dampingannya.

"Secara internal proses pelaporan PLD juga harus betul-betul paham karena saat ini pelaporan kegiatan menggunakan aplikasi berbasis android sehingga butuh kejelian. Selanjutnya secara eksternal pendamping harus melakukan fasilitasi desa mulai dari perencanaan hingga pertanggungjawabannya dan harus terlaporkan secara berjenjang hingga Kementrian Desa", ucapnya.

Belum lagi PLD harus bekerja ekstra untuk mendorong desa dalam penyelesaian pemutakhiran Indek Desa Membangun (IDM)  berbasis Sustainable Development Goals Desa (SDGs Desa)

"Jadi prioritas pelatihan mandiri kali ini kita memberikan materi Pendataan SDGs Desa, Pemetaan Badan Usaha Milik Desa, Bantuan Langsung Tunai, PPKM Mikro dan program pemerintah daerah yang harus sinergi dengan desa ", tutupnya.

1 Response to "Pendamping Lokal Desa Lumajang Selenggarakan Pelatihan Mandiri"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel