-->

Desa Banyuputih Lor Menjadi Desa Pertama yang Selesaikan Pendataan SDGs Desa di Lumajang

Proses Pendataan SDGs Desa

CAKRAWALADESA.COM, Randuagung - Desa Banyuputih Lor Kecamatan Randuagung tuntaskan pemutakhiran data berbasis Sustainable Development Goals (SDGs) Desa dan ini merupakan desa pertama di Lumajang.

Dengan 18 enumerator (sebutan bagi pendata)  proses pemutakhiran data yang dimulai sejak 14 April dan selesai pada 25 Mei 2021  pada 6 Dusun di Desa Banyuputih Lor.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Poja Relawan Pendataan SDGs Desa Tublihul Hasanah berdasar hasil rekap kuisioner dari masing-masing pokja yang telah selesai melakukan pendataan.

"Alhamdulillah proses pendataan SDGs Desa Banyuputih Lor  sudah selesai 100% dengan rincian instrumennya yakni survei desa sudah terselesaikan, survei RT sebanyak 43 RT, survei KK sebanyak 1.943 KK dan survei warga sebanyak 6.169 warga", jelasnya saat pelaksanaan monitoring oleh Pemdamping Desa di Kantor Desa Banyuputih Lor pada Selasa, 25-05-2021.

Pemasangan Stiker oleh Enumerator

Menurutnya pendataan dilakukan dengab metode wawancara oleh enumerator  secara tatap muka dengan masyarakat menggunakan instrumen kertas kuisioner (hard copy) kemudian hasilnya akan diupload menggunakan aplikasi SDGs Desa berbasis android.

"Kendala dalam pelaksanaan pemutakhiran data sulitnya dalam proses upload data karena servernya sering error artinya uploadnya sering gagal dan admin desa juga sulit mengakses web dashboard pendataan", ungkapnya.

Kepala Desa Banyuputih Lor H. Fatoni menyampaikan rasa terimakasihnya pada semua pihak yang telah mendukung terealisasinya pemutakhiran data SDGs Desa di desanya.

"Pendataan ini selesai berkat kerja keras Pokja Relawan Pendataan dan dukungan dari berbagai pihak,  khususnya pendamping desa yang selalu memberikan bimbingan dalam penyelesaian permasalahan termasuk selalu memotivasi pokja untuk tetap semangat", tuturnya.

Kedepan hasil pendataan ini akan dijadikan pedoman bagi desa dalam mengatasi permasalahan yang ada untuk  menjadi dasar penyusun  perencanaan program pembangunan desa yang mengarah pada SDGs desa ungkap Kapela Desa yang akrab di panggil Aba Toni ini.

0 Response to "Desa Banyuputih Lor Menjadi Desa Pertama yang Selesaikan Pendataan SDGs Desa di Lumajang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel