Situs Nangasia Tak Terawat, Ini Yang Dilakukan Karang Taruna


CAKRAWALADESA.COM, Dompu - Dalam rangka mewujudkan kepedulian serta rasa cinta terhadap cagar budaya warisan leluhur. Karang Taruna Kecamatan Hu'u menyambangi dan melakukan kerja bakti membersihkan area Situs Nangasia, Jum'at (19/06).

Situs Nangasia merupakan salah satu cagar budaya yang berada di dekat pantai dan jalan raya, tepatnya di Desa Hu'u, Kecamatan Hu'u, Kabupaten Dompu. Situs Nangasia menjadi tempat yang sering dikunjungi oleh anak muda setempat untuk menikmati sunset di sore hari.

Namun, keberadaan sampah serta semak belukar membuat pemandangan pengunjung cukup terganggu. Bahkan jika area situs dirawat serta ditata dengan baik, maka akan menjadi salah satu destinasi wisata domestik.

Ketua Karang Taruna, mengatakan, kegiatan membersihkan area situs tersebut merupakan suatu bentuk inisiatif serta suatu bentuk kepedulian terhadap cagar budaya. Sebab, menurutnya, jika bukan masyarakat setempat nampaknya sulit mengharapkan pihak lain untuk merawatnya.

"Ini merupakan upaya kita untuk menjaga dan melestarikan cagar budaya yang ada di kampung halaman kita. Sebab siapa lagi kalau bukan kita," ungkap Wahdin, S.Sos, yang juga merupakan Sekretaris Camat Hu'u itu.

Lebih lanjut, Wahdin, menghimbau, agar semua lapisan masyarakat bisa merawat dan menjaga, serta peduli. Selain itu, juga melestarikan cagar budaya yang merupakan peninggalan leluhur tersebut.

Sementara itu, Suradin, menuturkan, Situs Nangasia merupakan cagar budaya warisan leluhur yang seharusnya dirawat dan dijaga serta dilestarikan. Karena keterlibatan semua elemen sangat diharapkan untuk memberikan kontribusi dan sumbangsih dalam rangka melestarikan cagar budaya Situs Nangasia.

"Semua pihak harus terlibat dan mengambil bagian, jangan hanya menunggu tindakan dan kebijakan pemerintah. Karena semua pihak ikut bertanggung jawab terhadap warisan leluhur ini," kata Suradin.

Hal senada juga diungkapkan oleh, Alba. Menurutnya, sangat penting untuk menjaga warisan nenek moyang, karena tidak saja berbentuk materi yang ditinggalkan, namun terdapat kisah-kisah inspirasi yang dapat diambil pelajaran di dalamnya.

"Untuk menjaga kelestarian cagar budaya dan alam beserta sumber daya didalamnya, saya pemuda Desa Rasabou dan beberapa pemuda dari desa yang lain bergabung dengan Karang Taruna Kecamatan Hu'u untuk melakukan kerja bakti membersihkan area Situs Nangasia. Supaya areal Situs Nangasia bersih hingga kedepannya bisa dikelola dengan baik oleh pemuda Kecamatan Hu'u maupun dinas terkait," pungkasnya.

Pewarta : Radent
Editor : NDY

0 Response to "Situs Nangasia Tak Terawat, Ini Yang Dilakukan Karang Taruna"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel