Desa Sumber Wringin Dorong Ekonomi Desa Dengan Bumdes


Oleh : Ndaru Cahyono

Lumajang - Pemerintah Desa Sumber Bringin Kecamatan Klakah mendorong Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) menjadi motor penggerak ekonomi desa guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Saat ditemui di lokasi BUMDes, Senin (7/10), Ketua BUMDes, Munip menceritakan berdirinya BUMDes Beringin Makmur dilatar belakangi kondisi ekonomi masyarakat desa Sumber Wringin yang relatif masih rendah.

"Saya berharap dengan hadirnya BUMDes dapat menjadi garda terdepan dalam menggerakkan perekonomian masyarakat desa" ujarnya

"Tahun ini dua pilihan unit usaha BUMDes telah kami realisasikan, yaitu: Unit Usaha Ternak Kambing dan Unit Usaha Kerajinan Batik" tambahnya

 Lanjut Munip, unit usaha ternak kambing menjadi pilihan karena di desa Sumber Wringin banyak tanaman sengon yang daunnya sangat bagus sebagai pakan ternak kambing.

Sedangkan unit usaha batik difokuskan kepada ibu-ibu rumah tangga untuk membantu menopang ekonomi keluarga.

Watini, Pendamping Lokal Desa (PLD) Kecamatan Klakah menjelaskan bahwa kehadiran BUMDes harus mampu bersaing dengan dunia usaha yang terus berkembang dengan meningkatkan kapasitas, pengetahuan, pemahaman dan pengertian dalam mengelola BUMDes sebagai Badan Usaha Milik Desa.

"Saya berkeyakinan, banyak sekali potensi di desa, yang apabila dikelola dengan baik akan mampu menopang perekonomian masyarakat di desa" jelasnya



"Dan kami Pendamping Desa akan terus
memberikan motifasi pada BUMDes Beringin Makmur dalam menunjukkan eksistensinya sebagai roda penggerak percepatan pembangunan ekonomi di desa Sumber Wringin". imbuhnya

Watini juga menambahkan, jika dua unit usaha (red: ternak kambing dan batik) dikelola dengan baik, selain mengangkat dan meningkatkan perekonomian masyarakat juga akan menambah Pendapatan Desa.

Secara berkala, Camat Klakah, Yoga Pratomo, S.STP mengunjungi bumdes sebagai bentuk motifasi terhadap BUMDes .

"Setidaknya 2 kali seminggu saya berkunjung ke BUMDes, bersama Kasi Ekbang dan sekarang saya bersama Kepala Puskesmas Klakah untuk melihat perkembangan unit usaha batik ini" ujarnya.

Yoga Pratomo juga mengungkapkan kekagumannya pada Sutinah (48 tahun) salah satu anggota BUMDes unit usaha batik.

"²Saya kagum sekaligus bangga pada Bu Sutinah ini, beliu buta huruf tapi semangat bekerjanya sangat tinggi" ungkap Yoga.

0 Response to "Desa Sumber Wringin Dorong Ekonomi Desa Dengan Bumdes"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel