Lestarikan Cagar Budaya, Perkos Sambangi Situs Roa Rumu


CAKRAWALADESA.COM, Dompu - Dalam rangka peduli dan ingin melestarikan cagar budaya, komunitas Persahabatan Kompak Selalu (Perkos) Kecamatan Hu'u menyambangi situs sejarah Roa Rumu, yang berada di desa Daha, Kecamatan Hu'u, Kabupaten Dompu, Senin, (8/6). Untuk sampai di situs Roa Rumu, para pemuda ini harus menempuh perjalanan sekitar 5 kilo meter dari kampung terdekat.

Menuju lokasi mereka menggunakan sepeda motor dengan jalan yang belum diaspal dan berlubang di beberapa titik, sehingga motor harus perlahan dengan penuh kehati-hatian. Keberadaan situs yang berada di ladang warga di atas gunung, membuat perjalanan menuju lokasi terasa sulit dan penuh tantangan. Namun, perjalanan terjawab dengan pemandangan yang cukup menakjubkan setelah sampai di area situs.

"Berbicara mengenai Kecamatan Hu'u masih kental dengan yang namanya tempat bersejarah, salah satunya yang terkenal adalah Roa Rumu yang terletak di Desa Daha arah timur pegunungan. Posisi tempat yang tinggi yang memperlihatkan indahnya pemandangan lautan dan pegunungan, sehingga kita bisa memanjakan mata dengan indahnya suasana di Roa Rumu," ujar Aswa, salah satu anggota Perkos.

Menurutnya, di Kecamatan Hu'u sendiri ada banyak peninggalan sejarah yang bisa dikembangkan atau di poles jadi distinasi wisata. Hanya saja tempat tersebut masih banyak yang perlu mendapat perhatian lebih dari semua pihak, terlebih pemerintah setempat.

"Minimnya ekspositas akan tempat tempat sejarah menjadi penghalang bagi para wisatawan untuk  menyambangi tempat-tempat tersebut," jelasnya.

Pewarta : Radent
Editor : NDY

0 Response to "Lestarikan Cagar Budaya, Perkos Sambangi Situs Roa Rumu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel