Rapat Koordinasi, Kadinsos : 55.824 KK di Lumajang Terdampak Covid-19

Bupati Lumajang, Cak Thoriq sebagai Narasumber Rakor 

CAKRAWALADESA.COM, Lumajang - Sebagai pemutakhiran data terdampak Covid-19, Relawan Serangga Lumajang melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor). Rakor tersebut dilaksanakan di Gazebo rumah dinas Bupati Lumajang, Kamis (28/5). Selain pengurus Relawan Serangga Lumajang, turut hadir pula Bupati Lumajang, Kepala Pelaksana BPBD Lumajang, serta Kepala Dinas Sosial Lumajang.

Bupati Lumajang, H. Thoriqul Haq, M.ML, mengatakan, dalam penanganan Covid-19 yang terpenting adalah validasi data. Jika terjadi kesalahan data akan menyebabkan kesalahan pula dalam menerapkan suatu kebijakan.

"Yang paling penting adalah validasi data, supaya kedepan tidak terjadi kesalahan. Oleh karena itu, pada kesempatan ini saya mengharap update data tersebut," kata Cak Thoriq, sapaan akrabnya.

Koordinator Relawan Serangga Lumajang (koordinator kabupaten), Farida Susanti, menyampaikan bahwa pihaknya telah melakukan pendataan di 21 kecamatan melalui koordinator masing-masing kecamatan Relawan Serangga Lumajang. Data tersebut akan diverifikasi yang kemudian diserahkan ke Camat dan Dinas Sosial Lumajang.

"Melalui proses pendataan dan verifikasi secara berjenjang. Akan tetapi tetap melalui mekanisme hirarki, yaitu dari masing-masing desa dihimpun dan di serahkan ke kecamatan untuk mendapat rekomendasi Camat. Selanjutnya diserahkan ke Dinas Sosial," papar Farida Susanti.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Lumajang, Dra. Dewi Susiyanti, menjelaskan, suatu data dikatakan valid apabila data tersebut melalui mekanisme yang benar, yakni berjenjang melalui Pemerintah Desa hingga ke Kecamatan.

"Kami telah mengupgrade data terkait masyarakat terdampak Covid-19. Saat ini, sudah ada data sebanyak 55.824 kk yang terdampak Covid-19 di Lumajang, setelah dikurangi dengan data yang mendapatkan bantuan-bantuan lain, seperti BLT, BST, KKS, dan bantuan lainnya untuk menghindari dobel bantuan," jelas Kepala Dinsos Lumajang itu.

Pewarta : Tofik
Editor : NDY

0 Response to "Rapat Koordinasi, Kadinsos : 55.824 KK di Lumajang Terdampak Covid-19"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel