Air Genangi Makam Klanting, Warga RW 5 Inisiatif Kerja Bakti

Air Menggenangi Salah Satu Makam
di Desa Klanting, Sukodono

CAKRAWALADESA.COM, Lumajang - Intensitas curah hujan yang tinggi menyebabkan sebagian wilayah di Kabupaten Lumajang tergenang air. Termasuk Makam yang terdapat di Dusun Trunosari, Desa Klanting, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Lumajang tergenangi air.

Ratusan makam itu tergenang air dikarenakan belum adanya drainase yang baik. Wilayah tanah yang lembab juga menyebabkan beberapa makam menjadi hancur karena genangan air tanpa adanya selokan ataupun aliran air.

“Kalau mengenai genangan di Makam ini sudah lama, sejak awal masuk musim penghujan,” papar Adi Irawan, Ketua RW 5, Selasa (3/3).

Karena belum ada tindakan perbaikan dari pemerintah, maka warga Dusun Trunosari bersama Kepala Desa beserta Stafnya berinisiatif untuk kerja bakti membersihkan dan membuat jalan sederhana untuk aliran air, pada Minggu (1/3) yang lalu.

Warga RW 5 Kerja Bakti
di Kawasan Makam

Masyarakat miris melihatnya, selain kawasan yang sempit tergenang air pula. Karena disitulah nenek / kakek moyangnya dimakamkan. Mereka berharap agar segera ditangani agar tidak lagi tergenangi air.

Mereka berharap agar ada tindakan yang dilakukan oleh pemerintah untuk membuat drainase dan memberikan bantuan berupa tanah uruk untuk membuat makam yang baru disebelah barat makam tersebut. Mengingat makam yang terdampak banjir sudah penuh, maka diperlukanlah untuk membuat makam yang baru atau perluasan kawasan makam tersebut.

“Pastinya saya harap membuat jalan aliran air. Selain itu, makam disini kan sudah penuh, makanya kita juga butuhkan tanah uruk untuk memperluas kawasan ini hingga disisi sebelah barat sana,” harap Semat, salah satu warga RW 5. (Ndy)

0 Response to "Air Genangi Makam Klanting, Warga RW 5 Inisiatif Kerja Bakti"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel