Pasca Pelantikan Pilkades, DPMD Lumajang Selenggarakan Pelatihan Penyusunan RPJMDes



Lumajang - Pasca Pelantikan 158 Kepala Desa hasil pilkades serentak Kabupaten Lumajang, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa  (DPMD) Lumajang seenggrakan pelatihan penyusunan Rencana Pebangunan Jangka Meneng Desa (RPJMDes) selama 4 hari (9 - 14 Januari 2020.

Pelatihan penyusunanan RJMDes di ikuti oleh Pendamping Desa dan Koordintor Kecamatan Tenaga Pendamping Desa se Kabupaten Lumajang.

Menurut Kasi Penataan Desa, Ahmad Syafiudin Hanum, SIP menyampaikan bahwa kegiatan 6 tahunan ini sudah menjadi agenda wajib desa yang diatur oleh Peraturan Menteri Dalam Negeri 114 tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Desa.

"Berbicara perencanaan desa ini sebenarnya tidak cukup dalam waktu 4 hari saja, tapi paling tidak dengan kegiatan Pelatihan ini,  penyamaan persepsi akan terwujud perencanaan desa yang betul-betul substansial sesuai dengan masalah dan potensi desa" ujar Ahmad

"Pendamping desa menjadi harapan kami untuk memberikan fasilitasi dalam wujudkan perencana desa yang mampu mengurai permasalahan dan memanfaatkan semua potensi melalui kajian desa untuk di dokumentasi dalam RPJMDesa sebagai pedoman pembangunan desa" imbuhnya.

Roni Santoso selaku Pendamping Ahli bidang Pembangunan Partisipatif menuturkan bahwa  pelaksanaan pelatihan penyusunan RPJMDes kali ini dilakukan dengan metode simulasi Pengkajian Keadaan Desa.

"Kami simulasikan tiap peserta untuk membentuk kelompok sesuai dengan kecamatan dampingan masing dan melakukan diakusi dengan mengguakan tiga alat kaji" ujar Roni.



"Peta Sosial, Kalender Musim dan Diagram Venn Kelembagaan Desa yang kemudian dipetakan berdasarkan masalah dan potensi kemudian output yang ingin dicapai" imbuhnya

Dari hasil pengkajian tersebut setiap kelompok kemudian mempresentasikan hasil kajian untuk dibahas kembali lebih dalam.

Roni Santoso juga menambahkan bahwa dari pelatihan ini pendamping desa mampu membuat RKTL bersama kecamatan untuk diimplemantasikan berdasar kondisi nyata di masing-masing desa dalam penyelesaian dkumen RPJMDes.

Rangkaian pelatiha ini dipimpin oleh Tim Pedamping Ahli Kabupaten yang di bagi dalam 4 kelompok peserta.

Klompok pertama untuk wilayah barat terdiri dari kecamatan Lumajang, Sukodono, Padang, Senduro, Pasrujambe dan Gucialit yang dlaksanakan pada hari Kamis (9/1).

Kelompok kedua untuk wilayah timur tediri dari kecamatan Sumbersuko, Kunir, Yosowilangun, Rowokangkun dan Tekong yang dilaksanakan pada hari Jum'at (10/1).

Kelompok ketiga untuk wilayah utara terdiri dari kecamatan Kedungjajang, Klakah, Randuagung, Ranuyoso dan Jatiroto yang dilaksanakan pada hari Senin (13/1).

Kelompok empat untuk wilayah selatan terdiri dari kecamatan Pasirian, Tempeh, Pronojiwo, Candipuro dan Tempursari pada hari selasa (14/1).

(Faid)

0 Response to "Pasca Pelantikan Pilkades, DPMD Lumajang Selenggarakan Pelatihan Penyusunan RPJMDes"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel