Sekdes se Kecamatan Randuagung, Antusias Mengikuti Pelatihan Penyusunan RPJMDes






Lumajang - Pelatihan Penyusunan RPJMDes (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa) di ikuti oleh seluruh Sekdes, Kaur Perencanaan se Kecamatan Randuagung pada Jum'at (17/1) yang dilaksanakan di Pendopo Kecamatan Randuagung Lumajang.

Koordinator Pendamping Desa, M. Fawaid Jazuli, ST menyampaikan bahwa pelatihan ini penting dilaksanakan, agar desa mampu memetakan secara tepat masalah dan potensinya.

"Pemetaan masalah dan potensi desa didasarkan pada kajian dengan menggunakan alat kaji berupa Peta sosial desa, Kalender musim dan Diagram kelembagaan desa" terangnya.

"Peserta bukan hanya diberikan pemahaman secara teori akan tetapi juga dilatih praktek dan simulasi musyawarah tingkat dusun" imbuhnya.

Sehingga output yang dihasilkan nanti setiap desa mampu membuat dokumen secara mandiri, partisipatif dan tepat sesuai dengan kondisi desa.

Antusiasme peserta sangat terlihat ketika dilakukan praktek pemetaan pada masing-masing dusun dan simulasi pemaparan hasil kajian yang telah dilakukan.

Ansori, perangkat desa Kalidilem yang mengikuti jalannya pelatihan menyampaikan bahwa hasil yang diperoleh nantinya akan diterapkan dalam penyusunan RPJMDes yang berkualitas.

"Saya akan sampaikan hasil pelatihan ini pada kepala desa, dengan harapan dapat di implemtasikan dalam penyusunan RPJMDes di desa kami" terangnya.

"Saya juga banyak pada teman-teman pendamping desa dalam hal membimbing kami untuk mampu menyusun perencanaan desa yang berkualitas" tutupnya.






0 Response to "Sekdes se Kecamatan Randuagung, Antusias Mengikuti Pelatihan Penyusunan RPJMDes"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel