Cetak Usahawan Muda, Desa Kaliuling Adakan Pelatihan TKM



Lumajang - Guna meningkatkan kemampuan wirausahawan terampil dan mandiri, desa Kaliuling Kecamatan Tempursari Lumajang selenggarakan kegiatan Pelatihan Tenaga Kerja Mandiri (TKM) selama 5 hari dari tanggal 2 - 6 Desember 2019 di Pendopo Desa Kaliuling.

Dengan menghadirkan peserta dari usahawan muda sebanyak 20 orang tergabung dalam kelompok usahawan pria maupun wanita.

Menurut Plt. Kepala Desa Kaliuling, Iis Shofiah menyampaikan bahwa membangun desa tidak hanya cukup memperbaiki infrastruktur saja, tapi membangun manusianya juga sangat penting.

"Semangat membangun desa kita mulai dengan memperbaiki kualitas manusianya yang terampil dan inovatif, hal itu kita lakukan dengan menyelenggarakan pelatihan ini" ujarnya.

"Dengan melatih usahawan yang ada didesa khususnya bagi pemula, kami berharap mendapat tambahan pengetahuan dan inovasi untuk diaplikasi dalam mengembangkan usahanya yang lebih profesional dan berdaya saing" ujarnya.



Membangun manusia lebih memiliki dampak berkelanjutan yang mampu menyerap banyak tenaga kerja dan menjadi embrio dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Pendamping Desa Kecamatan Tempursari, Musthofa menyampaikan bahwa dengan mendatangkan pemateri dari pengusaha sukses di lingkungan kabupaten Lumajang dan Dinas Tenaga Kerja diharapkan para peserta terus mengasah keterampilannya.

"Pelatihan sudah dilakunan, saya berharap dengan bertambahnya pengatahun usaha, bnyak peluang dan potensi desa yang masih bisa digali lebih dalam" ujarnya Musthofa.

"Jika masyarakat sudah bisa mandiri dalam usaha dan ekonomi, maka secara otomatis masyarakat tidak perlu lagi mencari kerja keluar kota maupun menjadi TKI, tapi didesa sendiri sudah banyak menyerap tenaga kerja dengan tumbuhnya sektot ekonomi kreatif dari tangan-tangan pegusaha lokal ini." tmbahnya.

Banyak manfaat yang dirasakan dari diselenggarakan kegiatan ini, diantaranya pelatihan dalam kemampuan membaca peluang dan mengatasi masalah usaha  sebagai mana disampaikan Agus Widodo salah satu peserta yang juga Ketua Bumdes Maju Makmur Desa Kaliuling.

0 Response to "Cetak Usahawan Muda, Desa Kaliuling Adakan Pelatihan TKM"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel