Wow Keren, Sebentar Lagi Ada Ekowisata di Ranupani


Oleh : Fawaid Jazuli

Lumajang - Desa Ranupani Kecamatan Senduro mulai membenahi infrastruktur pariwisata dengan mengusung konsep ekowisata.

Plt. Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Samsul Arifin didampingi Tenaga Ahli Pembangunan Ekokonomi Desa (TA-PED) Mashudi meninjau langsung rencana konservasi Ekowisata pada Jum'at (5/10)

Berangkat dari kantor Dinas PMD Lumajang, Samsul Arifin beserta robongan tiba dilokasi pembangunan Konservasi Rumah Adat Tengger Sekitar pukul 10.00 wib.

Menurut Samsul Arifin, suasana pegunungan Tengger Ranupani yang dingin didukung dengan panorama alam yang luar biasa indah ditopongan kultur budaya lokal yang masih sangat kental, sangat layak untuk dijadikan potensi ekowisata.

"Ekowisata bukan sekedar wisata alam semata, tapi merupakan kegiatan wisata yang bertanggung jawab terhadap alam, memberdayakan masyarakat, dan meningkatkan kesadaran lingkungan" ujar Samsul

"Saya berkeyakinan dengan perbaikan infrastruktur wisata alam menarik minat kunjungan ekoturisme yang saat ini banyak diminati wisatawan lokal maupun mancanegara sehingga dapat mendorong tumbuhnya perekonomian masyarakat Ranupani" Tambahnya

Terang Mashudi, kegiatan ini
didanai  oleh Program Pilot Inkubasi Inovasi Desa - Pengembangan Ekonomi Lokal (PIID-PEL) tahun 2019 Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) dengan total Anggaran 1,3 milyar.

"Dengan digelontorkannya bantuan program sebesar 1.3 Milyar yang diterimakan langsung kepada desa melalui TPKK (Tim Pengelola Kegiatan Kemitraan), diharapkan mampu mendorong tumbuhnya perekonomian masyarakat" ujarnya.

Lanjut Mashudi, melalui program ini, diharapka konsep ekowisata Ranupani dapat memberikan banyak pilihan wisata yang dapat dikunjungi oleh wisatawan sehingga betah untuk berlama-lama tinggal menikmati ekowisata alam.

"Dengan ini akan banyak tawaran paket wisata sehingga wisatawan betah belama-lama di Ranupani" ujarnya

"Contoh, bagi keluarga yang suka mendaki dapat membawa keluarganya ke Ranupani sehingga Bapaknya mendaki ke gunung Semeru, anak dan istrinya bisa berwisata naik kuda mengelilingi Ranukumbolo, Petik Buah Strawberry, Ciplokan dan lainnya" tambah Mashudi

Belum lagi penyediaan paket traveling menuju gunung bromo menggunakan Jeep 4x4 dengan menikmati rute bukit teletubies dan pasir berbisik.

Tidak hanya itu, menurut Mashudi, wisatawan dapat bermalam di home stay perkampungan rumah adat dan tenda mewah seharga 25 juta yang sedang dibangun ini untuk menikmati keseruan nuansa adat dan budaya tengger

"Konsep ekowisata ini juga dapat memberikan edukasi tentang ekologi alam tengger seperti pengamatan burung dengan menggunakan alat binokuler dilengkapi dengan buku panduan jenis jenis burung" sambung Mashudi

"Dan yang paling penting Konep ekowisata tetap mengedapankan prinsip, dan manfaat tanpa merusak alam, sejarah yang melatar belakangi lahirnya gagasan wisata berbasis konservasi lingkungan hidup" tutupnya.

0 Response to "Wow Keren, Sebentar Lagi Ada Ekowisata di Ranupani"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel