Kondisi Geografis yang Berjauhan, Bidan Desa Kalipenggung Inisiasi Keliling Kampung

Penulis : M. Fawaid Jazuli

Randuagung - Desa Kalipenggung Kecamatan Randuagung terletak di bagian utara Kabupaten Lumajang, berbatasan langsung dengan kabupaten Jember dan Probolinggo yang secara geografis mempunyai wilayah sangat luas.

Dengan kondisi pemukiman penduduk yang berjauhan menjadikan sebagian warga enggan memeriksakan kesehatan secara rutin ke Polindes.

Dengan bekerja sama dengan Kader Pembangunan Manusia (KPM), Bidan Desa Mei Lia Dewi berinisiasi melaksanakan kegiatan Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) keliling kampung yang dilaksanakan setiap satu bulan sekali.

Pemeriksaan kesehatan yang dilakukan Mei Lia Dewi dibantu dengan perawat, Wahyudi merupakan pemeriksaan kesehatan pada masyarakat sebagai tindakan prefentif terhadap penanggulangan penyakit tidak menular (PTM).

Kedepannya, dengan pemeriksaan rutin setiap bulan yang tempatnya direncanakan akan dibuat pos-pos pada setiap dusun melalui Gerakan Masayarakat Sehat (Gerbangmas, sehingga pelayanan kesehatan masyarakat desa akan terpenuhi. "Saat ini, penyakit tidak menular yang semaking menghawatirkan seperti diabetes, hipertensi, obesitas bahkan penyakit jantung sehinggu perlu tindakan promotif berbasis masyarakat agar sadar terhadap pentingnya kesehatan" Ujar Mei Lia Dewi.

Beberapa faktor penyebab timbulnya penyakit tersebut dikarenakan pola makan tidak sehat, kurang olah raga, merokok dan faktor lingkungan. Menurut Sekretaris Desa Kalipenggung, Roni Bahar, guna mendukung kegiatan Pos Bindu pada tahun 2019 ini anggaran kesehatan untuk Desa Kalipenggung sudah mencapai angka 200 juta yang diambilkan dari Dana Transfer Dana Desa.

"Dari sebagian Dana Desa untuk kegiatan kesehatan telah kami gunakan selain untuk Promosi juga untuk pembelian Alat Kesehatan seperti Alat Tensi Tekanan Darah, alat tes Gula darah dan Kolesterol serta obat-obatan" Ujar Roni Bahar. "

Selaian untuk Posbindu Kita juga ada kegiatan Posyandu Lansia yang dilaksanakan setiap bulan juga di Posyandu Gerbangmas Siaga Apel" imbuhnya.

Kegiatan promosi kesehatan Desa Kalipenggung juga digalakkan dengan cara sosialisasi melalui kegiatan-kegiatan masyarakat seperti pada acara pengajian di setiap dusun.

0 Response to "Kondisi Geografis yang Berjauhan, Bidan Desa Kalipenggung Inisiasi Keliling Kampung "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel