-->

Pemuda Kecamatan Hu'u Peringati Hari Lahir Pancasila di Puncak Moro Wawo


CAKRAWALADESA.COM, Dompu - Dalam memperingati Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Juni, sejumlah pemuda yang tergabung dalam Komunitas Persahabatan Kompak Selalu (Perkos) Kecamatan Hu'u, memilih merayakannya dengan mendaki  Gunung Moro Wawo, Desa Sawe, Kabupaten Dompu, Senin, (1/6/2020). Pendakian yang melibatkan puluhan pemuda Kecamatan Hu'u ini, sengaja diagendakan beberapa hari sebelumnya. Di atas puncak Moro Wawo mereka membuka ruang diskusi dengan  membahas banyak topik, sebagai upaya untuk mengambil makna dari sejarah lahirnya Pancasila.

Perjalanan mendaki Gunung Moro Wawo, dimulai dari Dusun Lodo, Desa Sawe, kemudian melewati bentangan sawah dan ladang warga yang cukup luas. Kemudian pendakian mulai terasa menantang ketika harus melewati kebun jagung warga yang berada di kaki gunung. Walaupun jalan yang dilalui cukup terjal dan berkelok, namun jalur ini merupakan jalur tercepat untuk sampai di puncak.

"Tujuan kita mendaki hanya ingin memperkenalkan bahwa masih banyak destinasi wisata yang masih belum di ketahui oleh banyak orang sekaligus memperingati hari lahir pancasila,” ujar, Aswa Tullah, salah satu anggota Perkos.

Lebih lanjut, Aswa, menuturkan bahwa dengan pendakian ke Gunung Moro Wawo, komunitasnya ingin mempromosikan gunung tersebut sebagai destinasi wisata yang dinilainya akan sangat memanjakan mata para pendaki. "Jalur pendakian tidak terlalu jauh, dapat di tempuh dengan perjalanan hanya sekitar 2-3 jam, jalur yang tidak begitu ekstrim sampai wanita wanita dari komunitas Perkos bisa melalui perjalanan dengan mudah,” imbuhnya.

Selain itu, kegiatan pendakian ini juga untuk saling mempererat tali silaturahmi dengan sesama anggota. "Kami mengajak kita semua bukan hanya mendaki saja, tapi juga harus mengetahui bagaimana cara menjaga kebersihan, tetap melestarikan alam, jangan buang sampah sembarangan, mendaki boleh sering tapi harus ingat kebersihan harus juga tetap di jaga,” pungkasnya.

Pewarta : Radent
Editor : NDY

0 Response to "Pemuda Kecamatan Hu'u Peringati Hari Lahir Pancasila di Puncak Moro Wawo"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel