Menuju 'New Normal', Ini yang Harus Dipersiapkan

Ilustrasi 'New Normal'. Foto by : pikiran-rakyat.com/RED.

CAKRAWALADESA.COM – Di akhir-akhir ini, ‘New Normal’ ramai diperbincangkan di berbagai kalangan, baik pemerintahan maupun masyarakat. Seluruh masyarakat Indonesia, mau tidak mau akan melalui serta menerapkan ‘New Normal’ dalam beberapa hari kedepan. Hal ini dilakukan karena ketidakmungkinan masyarakat untuk menghindar dari Covid-19 tanpa produktif di luar rumah.

Beberapa kepala daerah, Bupati/Walikota, Gubernur, bahkan Presiden Indonesia, mengeluarkan kebijakan akan menerapkan ‘New Normal’. Bagi masyarakat, harus segera adaptasi dengan keadaan yang baru.

Hal yang dimaksudkan adalah selalu menjaga jarak dan memakai masker. Selain itu, juga ada beberapa barang yang perlu dibawa untuk meminimalisir penyebaran Covid-19 selama di ruang publik. Berikut barang esensial yang harus dibawa jika suatu daerah sudah menerapkan ‘New Normal’.

1. Cairan Disinfektan
Cairan disinfektan menjadi salah satu cara meminimalisir infeksi Covid-19. Biasanya seseorang membawanya dalam botol kecil. Fungsinya, untuk membersihkan meja kantor, kursi di kantor, maupun alat-alat pribadi lain, seperti laptop maupun ponsel secara lebih rutin.

2. Sabun Cair dan Hand Sanitizer
Yang sering digaung-gaungkan untuk pencegahan Covid-19 adalah dengan cara mencuci tangan dengan sabun. Namun, apabila seseorang kesulitan mendapatkan air, hand sanitizer bias jadi alternative sementara.

3. Peralatan Makan
Alangkah baiknya ketika beraktifitas di luar rumah, untuk membawa tempat makan sendiri, seperti sendok, garpu, bahkan botol minum sendiri.

4. Helm Sendiri bagi Pengguna Ojek
Beberapa waktu yang lalu, Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI, mengeluarkan surat pedoman bagi aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Kemendagri dan pemerintah daerah untuk membawa helm sendiri ketika naik ojek.

5. Masker Cadangan
Dalam menjalankan aktivitas di luar rumah, kita tidak bis memprediksi apa yang akan terjadi. Entah itu nantinya masker tersebut kotor, sobek, dan sebagainya. Oleh karena itu, disarankan supaya membawa masker cadangan.

6. Alat Ibadah Sendiri
Setiap musholah maupun masjid, sudah tersedia alat sholat. Namun, dalam ‘New Normal’ disarankan untuk membawa dan menggunakan alat sholat sendiri. Hal ini dilakukan untuk menghindari transmisi dari barang yang dipakai secara bergantian. (sumber : suara merah putih/NDY)

0 Response to "Menuju 'New Normal', Ini yang Harus Dipersiapkan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel