Kenali Gejala Virus Corona Sejak Dini, Begini Ciri-cirinya



CAKRAWALADESA.COM, Jakarta - Setelah bertemu Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto dan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy,
Jokowi mulai mengumumkan ke publik bahwa ada dua orang WNI yang terinfeksi virus corona  atau Covid-19.

"Tadi pagi saya dapat laporan dari Pak Menkes bahwa ibu ini dan putrinya positif corona," ujar Jokowi di Istana, Jakarta, Senin (2/3/2020).

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan kedua orang Indonesia yang tertular tersebut telah dirawat intensif di Rumah Sakit Infeksi Sulianti Saroso atau RSPI Prof Dr Sulianti Saroso, Jakarta Utara. Keduanya menjadi kasus pertama infeksi Covid-19 di Indonesia.

Berita dikutip dari laman liputan6.com, bahwa virus tersebut sudah terbukti ada di Indonesia, maka kita harus kenali gejalanya dengan seksama.

Berikut ini ciri-ciri gejala virua Corona:

1. Demam Tinggi
Suhu tubuh normal pada manusia yakni hanya sekitar 37,5 derajat celcius. Namun bagi orang yang terinfeksi memiliki suhu tubuh di atas 38 derajat celcius.

2. Flu dan Pilek
Orang yang terinfeksi virus corona memang mirip dengan flu yaitu mengalami bersin-bersin. Gejala virus corona biasanya akan menunjukkan gejala awal yaitu demam, batuk, nyeri pada tubuh, kelelahan, hingga muntah dan diare.

Yang pasti agar tidak menularkan penyakit kepada orang lain, jika sudah mengalami batuk atau bersin-bersin, segera gunakan masker.

3. Sakit Kepala
Akibat suhu tubuh yang tinggi, maka biasanya akan diikuti dengan kepala pening yang berkelanjutan. Orang yang telah terinfeksi akan merasakan suhu tubuh tinggi dan sakit kepala sejak hari kedua hingga 14 hari kemudian.

4. Batuk Parah dan Sakit Tenggorokan
Salah satu gejala kronis yang ditunjukkan oleh orang yang terjangkit virus mematikan ini adalah batuk terus menerus. Tenggorokan pun akan terasa tercekik. Ketika orang disekitar anda nampak batuk-batuk terlebih lagi ia usai pulang dari luar negeri. Maka patut dicurigai dan bisa menyarankan untuk mendapatkan pemeriksaan di rumah sak

5. Sesak Nafas
Orang yang terinfeksi virus corona akan mengalami kesulitan bernafas. Hal ini karena virus ini menyerupai gejala penyaki pneumonia.

Pneumonia terjadi karena kantung udara dalam paru-paru terkena infeksi. Di Indonesia, penyakit ini dikenal dengan nama paru-paru basah.

Biasanya orang yang terjangkit pneumonia memiliki gejala berupa batuk berdahak, demam menggigil, hingga kesulitan bernapas.

Dalam kasus infeksi virus corona, seseorang bisa memiliki gejala yang sama persis dengan pneumonia. Disarankan jika ada tanda-tanda seperti ini untuk segera ke Rumah Sakit terdekat.

6. Gejala Mulai Terlihat Sejak Hari 1-14
Dikutip dari Aljazeera, biasanya jarak antara infeksi dengan gejala virus corona timbul mulai dari hari pertama hingga hari ke-14. Namun, kebanyakan orang yang terinfeksi menunjukkan gejala pada hari ke-5 atau ke-6.

7. Tidak Ada Gejala
Meski demikian, orang yang terinfeksi virus corona bisa juga tak memperlihatkan gejala sama sekali.

Baca Juga :Mahasiswi Asal Lumajang ini Menceritakan Kondisi Terkini Wabah Corona di Wuhan China

Padahal, virus tersebut telah bersarang dalam sistem. Oleh karena itu, biasanya perlu dilakukan pemeriksaan secara berkala untuk memantau perkembangan virus ini.

8. Bisa Sembuh
Meski bisa menyebabkan kematian, namun virus corona bisa disembuhkan. Duta besar China untuk Indonesia, Xiao Qian mengatakan bahwa sebanyak 632 warga China yang terjangkit virus corona berhasil sembuh.

Oleh karena itu, kalau merasakan gejala di atas segera berobat ke Rumah Sakit. Jangan lupa gunakan masker dan tak perlu putus asa karena virus ini bisa disembuhkan.

 sumber :
www.liputan6.com
www.laduni.id

0 Response to "Kenali Gejala Virus Corona Sejak Dini, Begini Ciri-cirinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel