Cegah Penyebaran Covid-19, Desa Cempi Jaya Bentuk Satgas

Pembentukan Satgas Salah Satu Bentuk Tindak Lanjut Pencegahan Penyebaran Covid-19

CAKRAWALADESA.COM, Dompu - Dalam rangka menindaklanjuti hasil keputusan rapat di Kantor UPTD Puskesmas tanggal 28 Maret 2020 yang lalu, tentang pembentukan Satuan Tugas (satgas) di masing-masing desa se-kecamatan Hu'u, Selasa, (31/03), Desa Cempi Jaya, Kecamatan Hu'u, Kabupaten Dompu, melakukan rapat pembentukan satgas, aula balai desa.

Kepala Desa Cempi Jaya, Syarifuddin H. Muhidin, mengatakan, pihaknya sangat mendukung terbentuknya satgas dalam menangani penyebaran covid-19 di Desa Cempi Jaya.

Dalam sambutannya, beliau bahkan akan menggunakan dana desa untuk mendukung program tersebut, sesuai pernyataan Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal yang memberikan kewenangan kepada pemerintah desa untuk menggunakan anggaran dana desa dalam menangani penyebaran covid-19.

"Sesuai intruksi bupati dan bahkan presiden kita harus kompak untuk mencegah covid-19, jangan sampai masuk dan terjangkit sampai di desa kita. Langkah cepat perlu dilakukan, sebab jika terlambat maka akan berbahaya. Oleh karena itu, maka perlu mengambil tindakan, sesuai hasil rapat di puskesmas beberapa waktu yang lalu. Bahwa tiap-tiap desa segera membentuk satgas, sehingga saya menindaklanjuti dengan melaksanakan rapat pembentukan satgas di desa," paparnya.

Belakangan ini banyak masyarakat Desa Cempi Jaya yang merantau di luar daerah yang pulang kampung. Sehingga banyak kekhawatiran dari sebagian masyarakat kepada mereka yang memutuskan untuk kembali ke kampung halaman.

Desa Cempi Jaya Membentuk Satuan Petugas (Satgas) Pencegahan Penyebaran Covid-19

"Karena keluar masuk warga, kita tidak bisa ketahui secara detail, lagi pula warga saya ada yang keluar negeri. Siapa tahu mereka yang kembali sudah terjangkit covid-19. Lalu terlambat ditangani, bisa jadi puluhan orang bisa kena, coba bayangkan satu minggu berapa banyak masyarakat yang jadi korban," imbuhnya.

Persebaran covid-19 menjadi sorotan bagi semua pihak, sehingga menjadi tanggungjawab bersama dalam proses pencegahan penyebaran virus.

"Tujuan terbentuknya satgas untuk mengidentifikasi saudara-saudara kita yang masuk terutuma TKI maupun TKW, serta mahasiswa dan keluarga kita yang datang dari luar kota. Kami mengapreasiasi pemerintah Kabupaten Dompu memberikan kesempatan kepada pemerintah desa untuk membentuk satgas," pungkas Syarifudin, salah satu pemuda desa.

Sekedar informasi, rapat pembentukan Satgas tersebut di mulai pada pukul 09.30, yang dihadiri oleh pihak puskesmas, tenaga kesehatan desa, tokoh-tokoh masyarakat, pemuda serta pemuka agama.

Pewarta : Radent
Editor : NDY

0 Response to "Cegah Penyebaran Covid-19, Desa Cempi Jaya Bentuk Satgas"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel