Desa Sumberjati Raih Juara 1 Percepatan ODF Lumajang


Oleh : Ani Novia, SS (PLD)

Lumajang - Desa Sumberjati Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang sabet juara 1 untuk penilaian Open Dification Free (ODF) tingkat Kabupaten Lumajang tahun 2019.

Thropy juara diserahkan langsung oleh Bupati Lumajang Thoriqul Haq, M.ML  di alun-alun kota Lumajang yang bertepatan dengan peringatan Hari Kesehatan Nasional.

Penilaian didasarkan kecepatan desa mendeklarasikan diri sebagai desa bebas ODF dengan penyadaran masyarakat untuk tidak Buang Air Besar (BAB) sembarangan dan sadar kebersihan lingkungan.

Kasie Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kecamatan Tempeh Dra.Suhariyanti menjelaskan bahwa di wilayah kecamatan Tempeh ada 5 desa yang masuk dalam kategori ODF dan sudah dua desa berhasil bebas ODF yaitu Sumberjati, Kaliwungu sedangkan Tempeh Kidul, Tempeh Lor dan Tempeh Tengah  yang lain masih belum ODF.

"Saya berharap dengan keberhasil Desa Sumberjati meraik juara 1 percepatan ODF akan memberikan semangat dan motivasi bagi desa-desa dikecamatan tempeh untuk tidak Buang Air Besar sembarangan" jelas Suharyanti.

"Dalam mempersiapkan desa bebas ODF kami bersinergi dengan Dinas Kesehatan, Pemerinta Desa, Pendamping Desa dan Kader Posyandu untuk berperan aktif menyadarkan masyarakat akan pentingnya kebersihan lingkungan" imbuhnya

Pendamping Desa Kecamatan Tempeh Abdul Jalil,S.Pd menyambut baik kemenangan Desa Sumberjati dalam raihan prestasi bebas ODF karena hal ini menunjukkan bahwa kesadaran masyarakat dalam mewujudkan lingkungan bersih dan sehat sudah mulai meningkat.

"Kami dalam beberapa kesempatan selalu menyampaikan bahwa salah satu output penggunaan anggaran dana desa adalah mewujudkan masyarakat yang sehat" ungkapnya.

“Kami mendorong masyarakat untuk memiliki septik tank bahkan mempersilahkan desa menganggarkan pengadaan septi tank maupun jamban umum agar masyaraka tidak buang ai sembarangan, tapi dengan tetap melalui tahapan peraturan yang ada" tambahnya.

Pendamping Desa yang akrab dipanggil dengan Mas Jalil ini juga berharap agar Desa Sumberjati mampu meningkatkan prestasinya ditahun-tahun berikutnya disusul oleh desa desa yang masih belum ODF.

0 Response to "Desa Sumberjati Raih Juara 1 Percepatan ODF Lumajang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel