Seru!! Pendopo Kecamatan Klakah di Sulap Jadi Pasar Tradisional


Oleh : Wahyu Hidayat

Lumajang - Jangan kaget jika di hari kamis datang ke Kantor Camat Klakah Lumajang, kalian akan bertemu dengan keseruan pasar rakyat bernuansa tempo dulu. Nah, itulah pasar "Kamis Kliwon", seperti yang terlihat pagi tadi (17/10).

Camat Klakah, Yoga Pratomo, S.STP yang menyulap Pendopo Kecamatan Klakah menjadi Pasar setiap bulan satu kali pada hari Kamis Kliwon (hitungan hari jawa).

Menurut Yoga, kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya mendekatkan pemerintah dengan rakyatnya melalui metode pendekatan kultural.

"Dengan kegiatan ini saya berharap masyarakat tidak perlu canggung untuk datang kekantor camat, karena ini adalah rumah masyarakat juga" ujar Yoga

"Selain mempererat hubungan pemerintah dengan warga, Pasar Kamis Kliwon ini juga sebagai usaha melestarikan kekayaan budaya sebagai identitas warga Klakah" imbuhnya.



Awalanya, setiap hari Kamis, Yoga Pratomo hanya mewajibkan semua pegawai dilingkungan kecamatan untuk menggunakan busana warga lokal tapi kemudian berkembang dengan diikuti kegiatan Pasar Kamis Kliwon.

"Jika hanya dengan berbusana lokal, sepertinya kurang lengkap jika tidak diikuti dengan kegiatan pasar tradisional" menurut Yoga

"Karena dengan pasar akan diperkenalkan beragam produk lokal, jajanan desa, nasi kelor khas klakah dan diiringi dengan musik gamelan yang membikin suasana semakin semarak" tambanya.

Pasar Kamis Kliwon juga mendapat apresiasi positif dari Wakil Bupati Lumajang, Ir. Hj. Indah Amperawati, M.Si (Bunda Indah) yang pada bulan lalu turut hadir di Pasar Kamis Kliwon ini.

"Pasar Kamis Kliwon bulan kemarin Bunda Indah juga hadir dan beliau mengapresiasi positif agar kegiatan terus dilanjutkan serta ditambah inovasinya" lanjutnya

"Bahkan nasi kelor sempat beliau cicipi dan menurutnya layak untuk diusulkan menjadi makanan khas Lumajang" tutup Yoga.

Dan Yoga juga berharap, agar setiap bulannya partisipasi warga Klakah semakin meningkat, juga bukan tidak mungkin ini menjadi media promosi pariwisata dan produk lokal Kecamatan Klakah.

0 Response to "Seru!! Pendopo Kecamatan Klakah di Sulap Jadi Pasar Tradisional"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel