Manfaatkan Microhydro, Desa Kaliuling Dorong Kerjasama dengan BUMDes


Oleh: M. Effendi

Lumajang - Microhydro (Pembangkit Listrik Tenaga Air) di Dusun Rojopolo Desa Kaliuling Kecamatan Tempursari Lumajang yang sudah berdiri sejak  tahun 2011 hingga sekarang masih memiliki 100 pelanggan yang masih dikelola secara mandiri oleh kelompok masyarakat dusun Rojopolo.

Menuju pengelolaan yang lebih profesional, saat ini mulai dilakukan pengkajian kerjasama dengan BUMDes melalui kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan di dipendopo desa Kaliuling pada Jum'at (19/10).

Kegiatan sosialisasi BUMDes ini dihadiri oleh Plt. Kepala Desa Kaliuling, Pendamping Desa, 38 Ketua RT, 10 Ketua RW, Kepala Dusun, anggota BPD dan tokoh masyarakat.

Menurut Plt. Kepala Desa, Iis Shofiatuz Zulfa mengatakan bahwa rencana masuknya BUMDes dalam pengembangan mycrohidro merupakan langkah maju yang patut untuk didukung.

"Kerjasama yang saling menguntung antara kelompok dan BUMDes dalam mengelola teknologi Microhydro ini sangat bagus, karena tanpa pengelolaan yang profesional sulit sekali bertahan apalagi memperoleh keuntungan" ujar Iis

"Energi terbarukan dengan mengubah tenaga air menjadi listrik kedepannya memiliki prospek bagus, jika dikelola dengan baik, bisa jadi harganya menjadi lebih murah dari PLN" tambahnya.

Musthofa Effendi, selaku Pendamping Desa Kecamatan Pronojiwo menjelaskan bahwa dengan kegiatan sosialisasi seperti ini masyarakat akan lebih memahami apa itu BUMDes.

"Masyarakat harus memahami bahwa dengan adanya BUMDes sebagai lembaga otonom milik desa yang mempunyai kualifikasi untuk optimalisasi pendapatan desa dari sektor usaha" ujar Musthofa

"Di era digital ini, sudah tidak sulit bagi kita untuk menduplikasi kisah inspiratif pengelolaan BUMDes dan diaplikaskan didesa sebagai penopang ekonomi masyarakat" imbuhnya.

Dengan adanya BUMDes, selain memiliki nilai sosial kemasyarakatan juga akan memberikan nilai bisnis sebagai pendapatan desa untuk digunakan sebesar-besarnya bagi kepentingan warga desa

"Harapan kami, melalui BUMDes dapat mengatasi masalah permodalan dan memperluas akses pengembangan tatakelola yang berkelanjutan" tutup Musthofa

0 Response to "Manfaatkan Microhydro, Desa Kaliuling Dorong Kerjasama dengan BUMDes"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel