Desa Kaliboto Lor Persiapkan Lounching Rumah Edukasi Kampung Biruh Deun


oleh : Fawaid

Lumajang - Guna mempersiapkan lounching Rumah Edukasi Kampung Biruh Deun BUMDes "Samawa" selenggarakan Rembug Golek Roso pada Sabtu 26 Oktober 2019 bertempat di Rumah Edukasi Kampung Biru Deun Desa Kaliboto Lor Kecamatan Jatiroto Lumajang.

Rembug Golek Roso merupakan kata lain dari diskusi atau musyawarah dengan mengedepankan rasa kekeluargaan sebagaimana adat orang desa.

Hadir dalam kegiatan Camat Jatiroto, Tim Dinas Pariwisata Lumajang, Pengurus BUMDes dan Pendamping Desa.

Dalam rangkaian musyawarah Ketua BUMDes, Dimas memaparkan bahwa konsep Kampung Biruh Deun adalah unit usaha BUMDes yang menawarkan paket agrowisata dan eudukasi budi daya tanaman buah juga ternak lebah madu.

"Disini sudah kita tanam aneka buah-buahan dan satu tanaman yang mungkin akan membuat penasaran pada salah satu tanaman buah karena memiliki khasiat menyembuhkan penyakit diabetes" ujar Dimas

"Selain itu kita juga menyediakan madu asli yang diambil langsung dari hasil peternakan lebah madu milik BUMDes" tambahnya

Pada Kampung Biruh Deun juga disediakan satu area edukasi agro yang disebut sebagai Rumah esukasi karena akan dipaparkan cara pembibitan, okulasi dan pencangkokan buah.



Camat Jatiroto Drs Pujianto sangat mendukung dan mengapresiasi usaha milik BUMDes Samawa sebagai bentuk usaha desa dalam menggali potensi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"BUMDes harus tetap eksis dalam mendorong pergerakan ekonomi desa dengan memanfaatkan segala potensi yang dimiliki" ujarnya

"Saran saya, perlu dipasang petunjuk arah menuju lokasi wisata ditempat strategis karena letak lokasi yang jauh dari jalan posros nasional kecamatan jatiroto" tambahnya.

Eko suwantoro, selaku Pedamping Lokal Desa (PLD) yang turut serta mendorong terbentuknya Kampung Biruh Deun ini menuturkan bahwa prospek usaha dibidang parwisata cukup menjajikan.

"Kecamatan Jatiroto memiliki Pabrik Tebu yang juga merupakan situs cagar budaya peninggalan kolonial belanda, juga ada wisata waterboom serta puslit pembibitan tebu di Sukosari Park" ujar Eko.

"Dengan banyaknya pilihan destinasi, Kampung Biruh Deun juga akan menambah pilihan paket wisata bagi pengunjung" tambahnya.

Kampung Biruh Deun yang didanai dari APBDesa Kaliboto Lor dengan penyertaan modal sebesar 50 juta rencananya akan dilounching pada bulan November 2019 ini.

Jadi sangat direkomendasikan bagi yang hobi traveling untuk menikmati suasana hijau di Kampung Biruh Deun Milik BUMDes Kaliboto Lor sebagai salah satu alternatif tujuan wisata.

0 Response to "Desa Kaliboto Lor Persiapkan Lounching Rumah Edukasi Kampung Biruh Deun"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel