HEBAT, Ternyata Desa Ini Membangun Jalan Tanpa Beharap Dana Desa


Oleh: Fawaid Jazuli

Lumajang - Pembangunan infrstruktur jalan didesa dengan sumber dana dari Dana Desa itu sudah seharusnya dilakukan. Tapi tidak dengan warga Dusun Krajan Desa Sumber Wringin Klakah, pada hari Kamis (10/10),

Mereka bahu membahu membangun ruas jalan baru menuju sawah ladang pertanian menggunakan dana swadaya masyarakat.

Bukan hanya warga Desa Sumber Wringin, tapi Camat dan perangkat desa beserta Pendamping Desa tanpa rasa canggung ikut bebaur dan bergotong royong membangun jalan.

Menurut Camat Klakah, Yoga Pratomo, S.STP mengungkapkan rasa bangganya bahwa gotong-royong sebagai kearifan budaya lokal patut dipertahankan.

"Saya merasa bangga, karena dengan bergotng-royong kita secara otomatis turut serta menjaga kerukunan dan memperkuat persatuan yang saat ini sangat dibutuhkan oleh bangsa ini" ujar Yoga

"Oleh karena itu, budaya gotong-royong harus tetap kita jaga dan dipertahankan, meskipun jaman telah bergeser, budaya ini tidak boleh hilang sebagai instrumen pemersatu bagi masyarakat" tambahnya.



Baca Juga : BUMDes Desa Sumber Wringin.

Pendamping Lokal Desa (PLD) Kecamatan Klakah, Watini juga menuturkan bahwa jalan yang dibangun sepanjang 80 meter adalah murni swadaya dari masyarakat.

"Rasa kerukunan dan kekompakan masyarakat begitu nyata terlihat ketika mereka secara ikhlas menyumangkan pasir, kayu, semen, uang, pasir dan tenaga kerja" ujar Watini.

"Partisipasi masyarakat dalam membangun desa terus kita dorong untuk mewujudkan kemandirian desa" imbuhnya

Pembangunan ini memang selayaknya mendapat apresiasi, mengingat kondisi jalan yang melintasi bibir Ranu (Danau) dan satu satunya akses jalan menuju ladang pertanian yang berada dibawahnya.

"Harapan kami setelah jalan ini selesai, dapat mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat karena akan mempermudah masyarakat mengangkut hasil panen" tutup Watini.

0 Response to "HEBAT, Ternyata Desa Ini Membangun Jalan Tanpa Beharap Dana Desa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel