-->

Cegah Penyebaran Penyakit Cikungunya, Pemdes Kalidilem Lakukan Fogging

Nur Wahid - Kades Kalidilem

Lumajang - Untuk mencegah penyebaran pemyakit cikungunya di Desa Kalidilem Kecamatan Randuagung Lumajang Kepala Desa Nur Wahid melakukan fogging (pengasapan) pada Kamis (15-06-2023) di beberapa tempat didaerah rawan penyakit.

Langkah tersebut diambil Pemerintah Desa Kalidilem di karenakan ada beberapa warga yang terserang penyakit dengan indikasi penyakit cikungunya.

"Ada beberapa warga kami yang mengalami sakit dengan indikasi demam tinggi, nyeri persendian dan tulang serta lemas", ujar Nur Wahid.

Menurut laporan warga yang diterima desa, sudah ada beberapa warga mengalami gejala sakit yang sama dan ini mengarah pada penyebaran cikungunya yang disebabkan gigitan nyamuk Aedes.

"Langkah pencegahan awal yang kami lakukan dengan melakukan fogging di wilayah kami yang warganya memgalami pemyakit tersebut", jelasnya.

Selain turun tangan sendiri, pihaknya juga mengintruksikan pada warga desa melalui Kepala Dusun (Kasun) dan RT RW untuk menjaga lingkungan agar tidak menjadi sarang nyamuk.

"Kita sudah perintahkan perangkat desa utamanya kasun untuk melakukan sosialisasi dan mengecek secara langsung lingkungan masyarakat agar tidak menjadi sarang nyamuk dengan perilaku hidup bersih dan sehat", ungkap Kades Wahid

Selain melakukan upaya pencegahan, Pemerintah Desa juga aktif berkordinasi dan bersinergi dengan Dinas Kesehatan khususnya puskesmas Randuagung dan Kader kesehatan didesa.


0 Response to "Cegah Penyebaran Penyakit Cikungunya, Pemdes Kalidilem Lakukan Fogging"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel