-->

Pemdes Ranuwurung Tebar Puluhan Ribu Benih Ikan di Ranu Glabag untuk Ketahanan Pangan

CAKRAWALADESA.COM, Randuagung -Pemerintah Desa (Pemdes) Ranuwurung Kecamatan Randuagung Lumajang melaksanakan tebar benih ikan nila sebanyak 55 ribu ekor di Ranu Glabag pada Selasa (14-06-2022).

Acara tersebut dihadiri Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD)Lumajang, Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat (TAPM) dan Forum Komunikasi Kecamatan (Forkopimcam) Randuagung.  

Tebar benih ikan tersebut merupakan kegiatan Pemdes Ranuwurung yang dianggarakan melalui Dana Desa Tahun 2022 dalam program ketahanan pangan.

"Ini adalah program ketahanan pangan yang dianggarakan dari Dana Desa untuk meningkatkan ketersediaan pangan dan peningkatan ekonomi bagi masyarakat Desa", jelas Moh. Taufik Kepala Desa Ranuwurung.

Pihaknya berharap pada masyarakat untuk turut serta menjaga dan melindungi ekosistem Ranu Glabag agar tetap lestari.

"Kami sudah keluarkan Peraturan Desa agar masyarakat untuk ikut berpartisipasi menjaga kelestarian ranu, seperti mengatur waktu menangkap ikan dan melarang penggunaan racun maupun menggunakan jaring yang membuat ikan belum layak diproduksi ikut tertangkap", jelasnya.

Ia juga optimis jika masyarakat ikut berpartisipasi aktif maka tiga bulan kedepan panen ikan di Ranu Glabag akan betul-betul terasa manfaatnya.

Camat Randuagung, Iskandar menambahkan bahwa program ketahanan pangan ini harus dijadikan program yang berkelanjutan.

"Kedepan Desa Ranuwurung harus lebih inovatif, selain untuk ketahanan pangan potensi Ranu Glabag juga dapat dikembangkan menjadi salah satu potensi wisata alam dan budaya yang cukup bagus untuk dikembangkan", ungkapnya.


0 Response to "Pemdes Ranuwurung Tebar Puluhan Ribu Benih Ikan di Ranu Glabag untuk Ketahanan Pangan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel