-->

TPPI Lumajang Lumajang Selenggarakan Bimtek Pendataan Desa

CAKRAWALADESA.COM, Lumajang - Bimbingan Teknis Pendataan Desa yang diinisiasi oleh Tenaga Pendamping Profesional Indonesia (TPPI) Lumajang dengan fokus peserta Pendamping Lokal Desa (PLD) dilaksanakan pada Selasa (06-04-2021) di Aula Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Lumajang.

Supriadi, S.AP selaku Koordinator Pendamping Desa Kabupaten Lumajang menuturkan kegiatan ini diikuti oleh seluruh PLD dari 198 Desa dengan pemateri Pendamping Ahli tingkat kabupaten.

"Karena PLD adalah garda terdepan dalam mensukseskan program pendataan desa yang bersentuhan langsung dengan kelompok kerja relawan pendataan desa maka kami rasa perlu untuk kita bekali kapasitasnya baik pendalaman materi maupun teknik advokasi",  jelasnya.

Ia menambahkan, jika secara kapasitaa PLD sudah mumpuni maka segala persoalan akan dapat diselesaikan ditingkat desa, tentunya tetap berkoordinasi dengan Pendamping tingkat kecamatan.

"Selain bimtek pendataan kita juga menyampaikan beberapa regulasi yang berkaitan dengan kebijakan ditingkat desa yang dikeluarkan oleh Pemerintah Pusat hingga Pemerintah Kabupaten", tuturnya.


Dalam situasi new normal saat ini banyak regulasi yang dinamis, seperti pengurangan pagu anggaran hingga perubahan kegiatan pada APBDesa maka PLD harus memiliki kapabilitas yang baik dalam memberikan fasilitasi ditingkat desa dalam penyusunan anggatan dan pelaporan.

"Dengan adanya Bimtek ini saya lebih memahami ragam persoalan yang timbul dalam proses pendataan, karena selama ini kita hanya belajar dari modul yang dikirim secara online sehingga pemahaman kita berdasar asumsi pribadi saja dan sangat mungkin malah akan timbul masalah baru", jelas Anfa Aulia salah satu PLD dari Kecamatan Ranuyoso.

Dan Ia menuturkan memang banyak persolan yang timbul dalam proses pendataan, seperti aplikasi yang belum stabil, keterbatasan jaringan internet termasuk rendahnya penguasaan pendata dalam penggunaan aplikasi berbasis android.

"Semoga program ini dapat berjalan sesuai rencana, kami bersama teman-teman PLD akan berusaha bekerja keras untuk mencapai target pendataan sesuai jadwal hingga selesai pada pertengahan mei nanti demi kemajuan desa dampingan kita", ujar perempuan berkacamata itu.

0 Response to "TPPI Lumajang Lumajang Selenggarakan Bimtek Pendataan Desa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel