-->

Sulap Sungai Kumuh, Kades Purwosno Rintis Wisata Kali Sejuk

 


CAKRAWALADESA.COM, Lumajang - Kepala Desa (Kades) Purwosno Kecamatan Sumbersuko Lumajang Hendrik Dwi Martono menyulap sungai kumuh di desanya menjadi tempat wisata yang layak di kunjungi.

Tempat wisata dibantaran sungai yang diberi naman Kali Sejuk ini di bangun dari dana bantuan pemerintah dan swadaya masyarakat setempat.

"Meskipun belum selesai 100 persen tahap pembangunannya, sudah banyak kunjungan diwisata Kali Sejuk. Dan ini membuat saya semakin optimis kedepan semakin baik diimbangi dengan pembangunan fasilitas penunjang lain ditopang dengan anggaran dari Dana Desa", ucapnya saat menerima kunjungan forum Pendamping Desa pada Kamis (25-03-2021).

Kades muda ini menambahkan bahwa asal mula munculnya wisata Kali Sejuk adalah keinginan merubah perilaku tidak sehat warga yang masih membuang sampah dibantaran sungai maupun buang air besar besar di sungai.

"Dengan adanya Kali Sejuk sekarang masyarakat sudah tidak buang sampah maupun buang air besar di sungai, bahkan mereka sekarang ikut berpartisipasi dalam memperbaiki maupun menjaga keasrian tempat wisata", jelasnya.

Hendrik berharap dengan munculnya Kali Sejuk kedepan desa Purwosono yang ia pimpin dapat berdaya secara ekonomi menuju desa mandiri.

"Dalam situasi pandemi paling tidak ini menjadi solusi bagi warga untuk menambah pendapatan dengan membuka lapak maupun berjualan di lokasi wisata", ujarnya.

Selain wisata, tempat ini juga menjadi lokasi ruang terbuka hijau bagi masyarakat, khususnya bagi anak-anak untuk belajar maupun bermain di alam terbuka. (Fz)



0 Response to "Sulap Sungai Kumuh, Kades Purwosno Rintis Wisata Kali Sejuk"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel