-->

Luncurkan Aplikasi eHDW, DPMD Lumajang Latih Pendamping Desa



CAKRAWALADESA.COM, Lumajang - Aplikasi  berbasis android yang digagas Kementrian Desa dengan nama eHDW (electronic Human Development Worker) segera diluncurkan di Kabupaten Lumajang.

eHDW akan digunakan oleh Kader Desa untuk mempermudah tugas dan fungsinya dalam mengadvokasi pemerintah desa pada pencegahan balita gagal tumbuh (stunting).

Guna memudahkan penggunaannya, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Lumajang memberikan pelatihan aplikasi eHDW bagi Pendamping Desa pada Rabu (08-07-2020) yang bertempat di Aula DPMD Lumajang.

Kepala Bidang Bina Pemerintahan Desa, Dadang Arifin P., S.STP., M.AP., menyampaikan bahwa penanganan stunting tidak dapat dilaksanakan secara parsial (orang per orang).

"Masalah stunting harus diatasi bersama dan dimulai dari basis data yang akurat agar pola pencegahannya dapat terukur dalam penetapan lokasi desa prioritas dan rekomendasi intervensi lintas sektor," jelasnya

Selama ini, meskipun tren pertumbuhan ekonomi naik tapi belum mampu mendongkrak secara signifikan maslah kesehatan bayi.

"Saya berharap Pendamping Desa mampu memfasilitasi kader desa agar dapat menggubakan aplikasi secara baik sehingga menghasilkan basis data pencegahan stunting yang akurat," imbuhnya.

Sedangkan penanggung jawab program eHDW kabupaten, Oka Azahra yang juga menjabat Pendamping Ahli Bidang Pelayanan Sosial Dasar menjelaskan bahwa dengan aplikasi ini kita dapat memantau perkembangan interfensi gizi pada keluarga 1000 HPK (Hari Pertama Kehidupan), mulai dari hamil hingga anak usia 2 tahun.

"Dengan eHDW Pemerintah Kabupaten hingga Pemerintah Pusat dapat memantau secara online perkembangan pencegahan stunting" ungkapnya.

Tindak lanjut dari kegiatan ini Pendamping Desa dapat melatih Kader Desa untuk melakukan input data secara cepat melalui HP nya masing-masing.

"Agar tidak menjadi beban bagi Kader Desa, kami juga berharap Pemerintah Desa dapat memfasilitasi anggaran operasional Kader, seperti paket data maupun android minimal versi 5," harapnya.

Pada aplikasi eHDW beberapa data yang harus di input oleh kader Desa antara lain adalah data Posyandu, Polindes, Sanitasi, Ketersediaan gizi dan penerima manfaatnya.


0 Response to "Luncurkan Aplikasi eHDW, DPMD Lumajang Latih Pendamping Desa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel