Cerita Mahasiswa IAIN Jember dalam Melaksanakan Kuliah Online



CAKRAWALADESA.COM, Lumajang - Pada awalnya saya sempat sedikit kaget dengan pengumuman dari kampus IAIN Jember, bahwa perkuliahan semester 2 yang sempat berjalan beberapa minggu di kampus, dengan menyikapi adanya pandemi covid 19 akan diganti dengan perkuliahan sistem online. Kebingungan saya mulai muncul, karena ini pertama kali saya akan kuliah secara online.  Maklum saja biasanya setiap Jumat-Sabtu saya berangkat dari lumajang  ke kampus, dan bisa belajar langsung dengan dosen dan berdiskusi dengan teman-teman. Sekarang harus melanjutkan kuliah semester 2 secara online di rumah saja.

Saya ingat pertama kali kuliah online menggunakan aplikasi classroom, dan setelah itu berganti dengan aplikasi zoom. Ada cerita menarik, karena masih belajar aplikasi zoom, saya mengusulkan kepada ketua kelas untuk ujicoba zoom sebelum perkuliahan online dengan dosen dimulai. Dari situ kelucuan dimulai, ada yang bisa masuk tapi tidak keluar video, ada yg suaranya tidak muncul, ada yang karena sinyal tidak bisa sama sekali. Tapi dari pengalaman tersebut, alhamdulillah akhirnya menjadi pelajaran sehingga perkuliahan dengan zoom berjalan dengan lancar, terlepas dari ada beberapa teman yang tidak bisa ikut, karena kendala sinyal.

Setelah itu ada pengumuman dari kampus yang mewajibkan kuliah online memakai lms, maka saya dan teman-teman belajar melalui tutorial panduan Learning Management System (LMS). Alhamdulillah akhirnya bisa absensi dan upload tugas melalui LMS.

Secara umum walaupun ada pandemi, tidak menyurutkan semangat untuk kuliah dan perkuliahan online bagi saya sangat bermanfaat di tengah kondisi pandemi covid 19. Karena proses belajar perkuliahan bisa tetap berjalan walaupun dari rumah masing-masing. Tinggal membiasakan memakai aplikasi online seperti classroom, zoom, dan LMS. Bagi saya, juga merupakan ilmu baru buat saya, mungkin seandainya tidak ada pandemi, saya mungkin belum bisa memakai aplikasi online tersebut.

Selain itu hikmah dari saya bisa aplikasi zoom adalah kita bisa tetap kuliah dengan bertatap muka dengan dosen dan teman-teman. Alhamdulillah juga, karena saya terbiasa menggunakan aplikasi zoom, akhirnya saya bisa ikut webinar seminar nasional pendidikan karakter dan mendapatkan sertifikat.

Ke depan semoga pandemi covid 19 ini segera berakhir dan perkuliahan berjalan normal. Saya juga berharap perkuliahan semester berikutnya bisa berjalan secara offline maupun online, karena keduanya sama sama bermanfaat. *Mahasiswa Pasca Sarjana IAIN Jember, Ayoeb Taufani Zaman

Editor : NDY

0 Response to "Cerita Mahasiswa IAIN Jember dalam Melaksanakan Kuliah Online"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel