Aktivitas Gunung Semeru Meningkat, Masyarakat Diharap Waspada

Aliran Lava Gunung Semeru serta Kepulan Asap yang Membumbung Tinggi secara Terus Menerus, Foto:@tnbromotenggersemeru

CAKRAWALADESA.COM, Lumajang - Akhir-akhir ini, Gunung Semeru mengalami peningkatan aktivitas. Seperti pada Jum'at (17/4) pagi sekira pukul 06.08 WIB, terdapat luncuran awan panas yang mengarah ke Besuk Bang sejauh 2.000 meter. Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru meminta kepada masyarakat sekitar Gunung Semeru tetap waspada dengan aktivitas-aktivas gunung tersebut.

Seperti yang dilansir oleh media suara surabaya, Kepala Sub Bagian Data Evaluasi Pelaporan dan Humas Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, menyampaikan, pihaknya sudah berkoordinasi dengab petugas Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Sawur terkait dengan antisipasi peningkatan aktifitaa Gunung Semeru.

"Kami sudah melaporkan ke petugas, sehingga masyarakat tetap waspada serta bisa memininalisir potensi," jelas Saiful Hidayat.

Selama periode 1-16 April 2020, tercatat gempa letusan yang terekam rata-rata 25 kejadian per hari dan gempa hembusan sebanyak 19 kejadian per hari serta gempa guguran sebanyak 6 kejadian per hari.

"Sementara berdasarkan pengamatan visual, Gunung Semeru juga mengalami erupsi yang menimbulkan kolom berwarna kelabu setinggi 400 sampai 600 meter di atas puncak," papar KESDM Aktivitas Gunung Semeru melalui Press Release yang diterima media cakrawaladesa.com.

Berdasarkan hasil pantauan visual dan instrumental serta potensi ancaman bahaya Gunung Semeru, KESDM Aktivitas Gunung Semeru menilai tingkat aktivitas Gunung Semeru masih dalam level II (Waspada), atau tidak terdeteksi adanya peningkatan ancaman potensi bahaya.

"Kepada pengunjung atau wisatawan supaya tidak melakukan aktivitas dalam radius 1 km dari kawah aktif dan 4 km di sektor lereng selatan-tenggara. Sementara bagi masyarakat yang tinggal di bantaran sungai serta yang beraktivitas di dalam Besuk Kembar, Besuk Kobokan, dan Besuk Bang supaya mewaspadai ancaman bahaya aliran lahar," pungkasnya.

0 Response to "Aktivitas Gunung Semeru Meningkat, Masyarakat Diharap Waspada"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel