51 Desa di Lumajang Siap Salurkan BLT Dana Desa




CAKRAWALADESA.COM, Lumajang - Dalam kegiatan video konferensi antara Pemerintah Kabupaten Lumajang dan Meteri Desa PDTT yang juga diikuti 51 Desa secara Live melalui aplikasi zoom pada Senin, (27/4).

Dari laporan yang disampaika Bupati Lumajang, H. Thoriqul Haq, M.ML didampingi Wakil Bupati Lumajang Ir. Hj. Indah Amperawati, M.Si menjelaskan bahwa sudah ada 51 desa yang sudah siap menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD).

"Perlu kami laporkan kepada Bapak Menteri, Bahwa 51 desa sudah melakukan Musyawarah Khusus validasi data pemerima BLT dari Dana Desa," jelasnya.

"Dan perlu kami menekankan bahwa penetapan penerima harus melalui musdes yang setiap bulan dapat dilakukan evaluasi, mengingat bahwa BLT DD ini lebih fleksibel karena semua permasalahan dapat diselesaika ditingkat desa" imbuhnya.

Dia juga menjelaskan bahwa besaran BLT DD yang siap disalurkan oleh 51 desa tersebut adalah 8.510.400.000 dengan sasaran 4.473 KK.

Sedangkan estimasi dari total BLT DD se Kabupaten Lumajang sebesar 58.388.000 dengan sasaran 32.410 KK.

Bupati Lumajang juga berharap dengan penyaluran BLT DD akan menjadi cara yang efektif untuk menuntaskan dampak ekonomi akibat wabah Covid-19.

Untuk mekanisme penyaluran, ia menganjurkan kepada kepada Kepala Desa untuk mengantarkan BLT DD dari rumah ke rumah dengan memanfaatkan Satgas Keamanan Desa.

Menanggapi paparan Bupati Luamajang, Menteri Desa PDTT, Abdul Halim Iskandar meyampaikan apresiasi atas usulan agar setiap bulan, desa dapat melakukan evaluasi penyaluran BLT DD.

"Saya berharap desa dapat segera menyalurkan BLT DD kemudian dilakukan evaluasi dibulan berikutnya, karena dalam setiap kebijakan pasti ada error yang harus terus dilakukan perbaikan," Jelasnya.

"Langkah evaluasi sebagai mana diusulkan Bupati Lumajang ini saya rasa perlu untuk disampaikan kepada Bupati yang lain untuk melakukan tindakan serupa," imbuhnya.

Sebagai bentuk apresiasi, Menteri Desa yang juga akrab dipanggil Gus Menteri ini khusus untuk Kabupaten Lumajang akan memberikan hadiah pada petugas yang mengirimkan foto penyerahan dengan gambar terbaik. (Fd)

0 Response to "51 Desa di Lumajang Siap Salurkan BLT Dana Desa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel