Bupati Lumajang Minta Pendamping Desa Berani Laporkan Penyelewengan Dana Desa




CAKRAWLADESA.COM, Lumajang - Didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan  Masyarakat dan Desa (DPMD Lumajang) H. Samsul Arifin, Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq, M.ML menghadiri rapat koodinasi Pendamping Desa yang dilaksanakan di Aula Lantai 3 Pemda Lumajang pada (11/02).

Thoriqul Haq meminta Pendamping Desa untuk berperan aktif dalam pendampingan desa termasuk memberikan laporan jika menemukan desa yang terindikasi melakukan penyelewengan penggunaan dana desa yang digunakan bukan pada peruntukannya.

"Dalam kunjungan saya ke salah satu desa, masih saya temukan proses pencairan Dana Desa maupun pelaporannya yang tidak sesuai dengan peraturan pengelolaan keuangan yang berlaku" jelasnya.

"Dari kejadian tersebut, pendamping desa yang menjadi bagian dari kami untuk turut meluruskan bahkan jika memungkinkan untuk melaporkan secara berjenjang sesuai dengan tupoksi (tugas pokok dan fungsi) tugasnya" imbuhnya.

Akrab disapa dengan sebutan Cak Thoriq, Bupati Lumajang juga meminta Pendamping Desa mendorong desa untuk menuntaskan kebutuhan dasar desa dengan intervensi anggaran Dana Desa.

"Saya berharap pada Pendamping Desa untuk memfasilitasi desa dalam mempercepat penyelesaian masalah kebutuhan dasar masyarakat dengan menggunakan dana desa" ungkapnya

"Bagaimana mau berfikir yang lain, jika jalan, jembatan masih rusak serta kebutuhan air bersih belum terpenuhi dan ini menjadi tugas kita bersama, kususnya Pendamping Desa yang bersinggungan langsung dengan desa" imbuhnya.

Baca JugaPendamping Desa Pasrujambe Lakukan Monitoring Penggunaan Dana Desa

Cak Thoriq juga berharap sinergitas dalam proses pembangunan desa dapat berjalan antara Pemerintah Desa, Pendamping Desa dan Pemerintah Daerah untuk mewujudkan iklim positif di desa.

Jadikan kehadiran Pendamping Desa di semua lokasi tugas pendampingan sebagai penebar virus positif dalam upaya mempercapet kemandirian desa.

0 Response to "Bupati Lumajang Minta Pendamping Desa Berani Laporkan Penyelewengan Dana Desa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel