Menteri Desa Hadiri TOT Peningkatan Kapasitas Pendamping Lokal Desa Jawa Timur



Surabaya - Training of Triner (ToT) Peningkatan Kapasitas Pendamping Lokal Desa yang diselenggarakan di Hotel Novotel Surabaya di hadiri oleh Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigras Republik Indonesia, Drs. H Abdul Halim Iskandar, M.Pd. pada Sabtu siang (23/11).

Menjadi pembicara tunggal dalam acara kunjungannya, Abdul Halim mengupas seputar rencana Kementrian Desa kedepan dalam masa kepemimpinannya.

"Saat ini saya masih berfokus melakukan tabulasi masalah yang berkaitan dengan tugas kementrian untuk selanjutnya dicarikan trobosan dan lompatan dalam percepatan pembangunan yang dimulai dari desa" sambut Halim

"Untuk itu saya berharap kepada para Pendamping Desa untuk betul-betul dapat memberikan kontribusi dalam memenuhi data yang akurat" ujarnya

Abdul Halim juga berkeyakinan dengan kapasitas yang dimiliki oleh Pendamping Desa, karena Pendaming Desa bukan hanya menjadi penyedia data, tapi juga ikut terlibat dalam memfasiitasi proses tersedianya data dengan mendorong partisipasi masyarakat desa.

Dengan tersedianya data yang baik, maka bukan tidak mungkin Kementrian Desa akan menjadi rujukan data lintas kementrian.

Bahkan, bukan tidak mungkin kedepan akan menjadi "Go Internasional" jika data Indek Desa Membangun (IDM) milik Kementrian Desa hasil dari kerja Pendamping Desa nantinya mampu di sandingkan sebagai data rujukan Sustainable Development Goals (SDGs) guna mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan 2030.

Selanjutnya, Abdul Halim kedepan juga akan memperkuat legalitas dan aset BUMDes dengan mengatur dan memperkuat regulasi.

"Selain itu, saat ini kami juga dalam proses memperjelas posisi Unit Pelaksana Kegiatan yang ada ditiap kecamatan untuk kita dorong pengelolaannya menjadi BUMDes Bersama antar desa" tutupnya.

Pendaming Desa sebagai garda terdepan kementrian desa yang bersentuhan secara langsung dengan pemerintah desa diharapkan mampu memberikan masukan maupun rekomendasi secara berjenjang dari Pendamping Lokal Desa hingga Konsultan Nasional Pendamping Desa yang ada di pusat.

0 Response to "Menteri Desa Hadiri TOT Peningkatan Kapasitas Pendamping Lokal Desa Jawa Timur"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel