Kadis PMD Jawa Timur Buka TOT Pelatihan Peningkatan Kapasitas Pendamping Lokal Desa



Surabaya - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur, M. Yasin, M.Si membuka acara Pelatihan bagi Pelatih, Training of Trainer (TOT) untuk melatih Pendamping Lokal Desa (PLD) yang diselenggarakan di Hotel Novotel Surabaya pada Kamis (21/11).

Didepan 207 peserta, M. Yasin menyampaikan bahwa dengan adanya TOT ini, Pendamping Desa harus menjadi virus yang menyebarkan peningkatan kualitas hidup masyarakat desa.

"Pendamping Desa harus bekerja lebih keras dalam menyelaraskan program pemerintah Provinsi dengan desa" ungkap Yasin

"Diantara program tersebut adalah program pengentasan kemiskinan dengan mengawal perencanaan APBDesa" tambahnya.

Fokus Pemerintah Jawa Timur adalah penangan stunting yang saat masih berada dibawah rata-rata nasional sebesar 32% dengan melakukan perbaikan sanitasi dan jamban keluarga melalui Dana Desa.

Termasuk penangan 65 desa tertinggal dan optimalisasi BUMDes dengan menguatkan produk unggulan desa dalam mengatasi kesenjangan kemiskinan didesa yang masih berada di angka 14% dua kali lipat dengan kota yang berada pada angkat 68%.

Diharapkan juga pedamping desa mampu mendorong penggunaan dana desa pada bidang pemberdayaan yang memberikan kemudahan masyarakat desa dalam mengakses permodalan untuk menggerakkan ekonomi didesa.

0 Response to "Kadis PMD Jawa Timur Buka TOT Pelatihan Peningkatan Kapasitas Pendamping Lokal Desa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel