-->

Kantor Desa Digruduk Ratusan Pemuda, Ini Penyebabnya!


CAKRAWALADESA.COM, Dompu - Ratusan pemuda desa yang mengatasnamakan Aliansi Pemuda Peduli Desa lakukan aksi demonstrasi di depan Kantor Desa Cempi Jaya, Kecamatan Hu'u, Kabupaten Dompu, Kamis, (25/06). Dalam aksinya, mereka mempersoalkan beberapa hal yang berkenaan dengan kinerja pemerintahan desa.

Di antara tuntutan massa aksi meliputi, transparansi APBDes, potongan tunjangan pemerintah desa, evaluasi kinerja BPD, data masyarakat yang bermasalah, dan persoalan sertifikat prona yang tak kunjung keluar.

Melalui orasi di atas mobil pik up, Ahmadin, koordinator lapangan, meminta kepala desa untuk keluar menemui dan merespon aspirasi masyarakat. Kepala Desa Cempi Jaya dan beberapa stafnya yang dikawal oleh aparat kepolisian keluar dan menemui massa aksi di depan pintu masuk kantor desa.

Dalam tanggapannya, Syarifuddin, menjawab semua yang dipersoalkan oleh massa aksi. Mulai dari masalah transparansi APBDes hingga persoalan sertifikat prona. "Ketika ada penyelewengan, saya siap diproses secara hukum," tegas Syarifuddin, Kepala Desa Cempi Jaya

Lebih lanjut, Syarifuddin, menjelaskan, dalam penyusunan program di pemerintahan desa, ada pihak yang mendampingi. Bahkan menurutnya, hal ini pernah disampaikan kepada pemuda dan masyarakat dalam rapat desa tentang prosedurnya.

Terkait dengan pemotongan tunjangan dana desa, Syarifuddin, menjelaskan, pemotongan tunjangan ADD dan DD secara keseluruhan, otomatis pengurangan itu merubah APBDes dan tidak bisa dikurangi sebagian saja.

"Sudah saya sosialisasikan di saat sambutan pada hajatan-hajatan masyarakat, dan juga saat jum'atan di masjid yang disaksikan oleh ratusan masyarakat," pungkasnya.

Demonstrasi ini mendapatkan pengawalan dari aparat kepolisian dan babinsa setempat. Setelah terjadi tanya jawab kaitan dengan tuntutan massa aksi serta dialog dengan pihak keamanan, maka massa aksi pun bubar secara tertib.

Pewarta : Radent
Editor : NDY

0 Response to "Kantor Desa Digruduk Ratusan Pemuda, Ini Penyebabnya!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel