SAH...!!! NU Lumajang Tetapkan 1 Syawal Hari Mingggu

Pengamatan Hilal dilakukan oleh LFNU Kabupaten Lumajang beserta Kemenag Lumajang

CAKRAWALADESA.COM, Lumajang – Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU) Kabupaten Lumajang melakukan pengamatan hilal di Pantai Mbah Drajid, Desa Wotgalih, Kecamatan Yosowilangun. Kegiatan ini dilakukan untuk mengetahui pergantian dari Bulan Ramdhan ke Bulan Syawal.

Fathur Rohman, Sekretaris LFNU Kabupaten Lumajang, mengatakan, dalam penilitian tersebut mereka tidak berhasil melihat hilal. Karena, berdasarkan perhitungan sebelumnya, hilal berada di posisi -30. Sehingga hilal tidak dapat dilihat meskipun dilakukan dengan berbagai cara apapun.

“Hari ini kami (LFNU Lumajang) bersama dengan Kemenang Lumajang melakukan pengamatan. Hasilnya kami tidak bisa melihat hilal, karena memang posisi hilal berada di bawah ufuk,” jelas Gus Fathur.


Pengumuman 1 Syawal dari Pengurus Besar Nahdlatul Ulama

Dengan kondisi demikian, Gus Fathur, menjelaskan, karena hilal tidak terlihat, maka bulan Ramadhan 1441 H diistikmal, artinya digenapkan jadi 30 hari. Keputusan itu juga sesuai dengan pengumuman dari Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).


“Jadi 1 Syawal 1441 H jatuh pada hari Minggu, 24 Mei 2020. Maka, besok (Sabtu) kita masih menjalankan puasa Ramadhan,” pungkasnya. NDY

0 Response to "SAH...!!! NU Lumajang Tetapkan 1 Syawal Hari Mingggu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel