Penyerahan BLT DD Desa Pandansari, Wabup Lumajang Tinjau Langsung



CAKRAWALADESA.COM, Lumajang 
– Wakil Bupati Lumajang, Ir. Hj, Indah Amperawati, M.Si, meninjau langsung proses penyerahan Bantuan Langsung Tunai dari Dana Desa (BLT-DD) di Desa Pandansari Kecamatan Kedungjajang, pada Senin (4/5). Bunda Indah, sapaan akrabnya, menyampaikan, pemanfaatan BLT-DD harus dilaksanakan secara optimal dan bagi kepala desa diharapkan berlaku adil dan transparan dalam melakukan penyalurannya.

“Dana Desa ini murni punya rakyat, bukan dari Pemerintah Desa, Pemerintah Kabupaten, Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Pusat. Sehingga pemerintah desa harus adil, kepala desa bersikaplah yang adil, tidak boleh pendukungnya saja,” ujarnya.

Untuk Desa Pandansari Kecamatan Kedungjajang besaran dana desa yang harus dikeluarkan untuk BLT-DD kisaran 200 jutaan. Namun, input data penerima BLT-DD hanya berkisar pada 160 jutaan dengan jumlah penerima 93 orang. “Secara Pagu Dana Desa yang diberikan kepada masyarakat harus ada penambahan kurang lebih 51 penerima,” jelasnya Bunda Indah.

Sementara itu, Kepala Desa Pandansari, menyampaikan, pihaknya ingin merealisasikan BLT-DD secara optimal. Pihaknya mengaku, terkendala dengan 14 kriteria calon penerima BLT-DD yang sesuai dengan Peraturan Menteri No. 6 Tahun 2020.

“Kemudian kita terima surat terbaru dari Mendes PDTT Nomer 1261/PRI.00/IV/2020. Dimana dalam surat tersebut menyebutkan yang terpenting calon penerima adalah diluar PKH, BPNT, dan Kartu Prakerja serta warga yang mampu. Ditambah lagi dengan arahan wabup, yang terpenting adalah masyarakat yang terdampak Covid-19 sesuai araham Menteri Desa PDT dan Transmigrasi,” terang Pait Hariyanto.


Taufik Hidayat, Pendamping Lokal Desa Pandansari, menyampaikan, selain digunakan BLT, dana desa juga diprioritaskan untuk pembagian masker ke seluruh dusun yang telah dilakukan beberapa waktu yang lalu diserahkan secara simbolis oleh kepala desa dan pendamping desa serta perangkat desa lainnya.

1 Response to "Penyerahan BLT DD Desa Pandansari, Wabup Lumajang Tinjau Langsung"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel