Pemerintah Desa Klanting Salurkan BLT Dana Desa

Penyerahan BLT Dana Desa secara Simbolis di Balai Desa Klanting
CAKRAWALADESA.COM, Lumajang - Sesuai intruksi dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi mengenai penggunaan Dana Desa, dimana penggunaan Dana Desa bisa dialokasikan untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi masyarakat yang terdampak Covid-19. Hal ini dilakukan oleh seluruh Pemerintah Desa se-Indonesia. Seperti halnya yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Klanting Kecamatan Sukodono ini, telah menyalurkan BLT Dana Desa tersebut.

Hadi Sofyan, A.Md., mengatakan, bahwa pihaknya sudah menyalurkan BLT Dana Desa pada Jum'at (8/5). Penyerahan dilakukan secara simbolis kepada penerima. Penyerahan tersebut disaksikan secara langsung oleh Kapolsek Sukodono beserta jajarannya, Camat Sukodono beserta staffnya, seluruh perangkat desa, Babinsa, Bhabinkamtibmas, pendamping desa, serta perwakilan ketua RW dan ketua RT.

"Dengan kondisi pandemi Covid-19, himbauan pemerintah salah satunya adalah tidak boleh mengadakan perkumpulan. Sehingga dilakukan secara simbolis kepada beberapa perwakilan penerima. Untuk penerima lainnya, dilakukan oleh kepala dusun, ketua RW dan ketua RT setempat," ujar Hadi, sapaan akrabnya.

Hadi, menjelaskan, proses calon penerima BLT Dana Desa dilakukan berdasarkan Musyawarah Desa Khusus (Musdes Khusus) yang telah dilaksanakan beberapa hari lalu bersama seluruh perangkat desa termasuk kepala dusun dan seluruh kaur, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Babinsa, Bhabinkamtibmas, serta beberapa tokoh masyarakat. Dari Musdes khusus tersebut, disimpulkan dan disepakati calon penerima beserta jumlahnya.


"Penerima BLT Dana Desa dilakukan tidak asal-asalan dan bukan dari saya pribadi, tapi berdasarkan prosedur yang ada, yaitu melalui Musdes Khusus. Dari situ, telah sepakat semua untuk penerima BLT Dana Desa berjumlah 52 orang. Tapi kami tidak cukup di Musdes saja, sebelumnya kami juga memerintahkan kepada masing-masing kepala dusun untum mengadakan Musyawarah Dusun (Musdus) yang dihadiri oleh ketua RW dan ketua RT setempat. Perihal hasil Musdes dan Musdus kami tuangkan dalam berita acara," jelasnya.

Hadi, mengaku, perihal target penerima BLT Dana Desa, pihaknya menyerahkan secara langsung kepada kepala dusun serta ketua RW dan ketua RT. Pasalnya, merekalah yang mengetahui secara detail bagaimana kehidupan masyarakat yang bersangkutan dan masyarakat yang pantas menerima BLT Dana Desa.

"Penerima BLT Dana Desa akan menerima uang tunai sebesar Rp. 600.000 selama 3 bulan, mulai bulan April, Mei dan Juni. Dari itu, kami berharap kepada para penerima supaya bisa memanfaatkan dana tersebut untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari selama pandemi Covid-19 seperti sekarang ini," harapnya.

Diwaktu yang bersamaan, Pemerintah Desa Klanting juga membagikan bantuan beras yang didapat dari program "Ngramut Tonggo" Pemerintah Daerah Kabupaten Lumajang sejumlah 397 rumah. NDY

0 Response to "Pemerintah Desa Klanting Salurkan BLT Dana Desa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel