Cegah Corona, Desa Kalidilem Perketat Keluar Masuk Warga



CAKRAWALADESA.COM, Lumajang - Untuk memutus rantai penyebaran wabah Corona (Covid-19), desa Kalidilem Kecamatan Randuagung Lumajang perketat keluar masuk warga melalui pos jaga desa.

Pos jaga desa yang diletakkan dipintu masuk utama desa diperioritaskan untuk melakukan pemantauan masuknya warga maupun pendatang ke desa Kalidilem.

Menurut Kepala Desa Kalidilem, Muhammad Abdullah meyampaikan bahwa pos jaga desa mulai diaktifkan mulai 2 hari yang lalu (19/4) dengan penjagaan selama 24 jam oleh Tim Gugus Covid-19 desa Kalidilem.

"Dengan pos jaga desa ini, saya berharap masyarakat desa Kalidilem akan lebih merasa tenang dan aman menyambut datangnya bulan suci ramadlan," jelasnya.

"Apalagi dibulan ini pasti ada saja warga desa yang nekad mudik dari luar daerah untuk merayakan hari raya Idul Fitri dikampung halaman meski sudah ada himbauan pelarangan mudik oleh pemerintah," imbuhnya.

Menurut laporan yang diterima dari petugas jaga, Muhammad menjelaskan bahwa sudah ada beberapa pendatang dari luar kota, seperti dari Gersik, Sidoarjo, Malang bahkan sudah ada yang mudik dari Bali.

"Setiap pendatang kita data tujuan dan rencana berapa lama, kemudian kita lakukan test suhu tubuhnya," terang Muhammad yang juga sebagai ketua Tim Gugus Covid-19 tingkat desa.

"Tadi malam sudah ada warga pemudik dari Bali, dan kami sudah anjurkan untuk melakukan pemeriksaan ke Puskesmas dan melakukan isolasi mandiri dulu selama 14 hari," jelasnya.

Selain melakukan penjagaan, petugas pos jaga juga selalu memperingatkan warga desa yang beraktifitas diluar untuk memakai masker.

Bahkan, menurut Muhammad besok akan membagikan 1000 masker untuk warga desa, sehingga tidak ada lagi alasan untuk tidak menggunakan masker.                                         

0 Response to "Cegah Corona, Desa Kalidilem Perketat Keluar Masuk Warga"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel