Antisipasi Covid-19, Desa Kalidilem Pasang Stiker ODP Dirumah Warga yang Pulang Kampung



CAKRAWALADESA.COM, Lumajang - Upaya memutus penyebaran Virus Corona (Covid-19), pada Kamis (23/4) Desa Kalidilem Kecamatan Randuagung Lumajang memasang stiker ODP (Orang Dalam Pemantauan) dirumah warga yang baru datang pulang kampung.

Kepala Desa Kalidilem, Muhammad Abdullah menjelaskan penempelan stiker ODP memiliki banyak manfaat dalam mencegah penyebaran Covid-19.

Selain hal tersebut, penempelen stiker juga terinspirasi dari video Menteri Desa PDTT beberapa waktu lalu yang mengulas pos jaga desa dan menganggap masyarakat yang baru datang pulang kampung sebagai ODP.

"Dengan pemasangan stiker ini, manfaat yang kami harapkan adalah untuk memudahkan pemantauan bagi Satuan Gugus Desa Tanggap Covid-19," jelasnya

"Kemudian masyarakat sedapat mungkin bisa menjaga jarak sosial dengan yang bersangkutan dan bisa memberikan informasi cepat pada Gugus Desa Tanggap Covid-19 jika terjadi suatu hal yang semestinya harus dilaporkan," imbuhnya

Ia juga menjelaskan, saat pemasangan stiker juga dilakukan sosialisasi bagi warga yang baru datang pulang kampung untuk segara melakukan pemeriksaan di Puskesmas kemudian melakukan isolasi mandiri selama 14 hari.



Jika terjadi gejala gangguan kesehatan sebagaimana ciri-ciri terserang corona maka sesegera mungkin untuk dilakukan pemeriksaan sebagai mana prosedur yang berlaku dengan cara menghubungi call centre yang tertera pada stcker.

Menurut salah satu petugas penempelan stiker yang juga menjabat kaur keuangan, Ansori menyampaikan bahwa sampai hari ini sudah melakukan memasang beberapa stiker.

"Sudah 8 sticker ODP kami tempel didinding rumah warga yang baru pulang kampung seperti dari Jakarta, Malang, Surabaya dan Bali," paparnya

"Saya selaku aparat desa sangat berharap partisipasi masyarakat untuk turut serta memantau masyarakat yang rumahnya sudah ditempel stker dengan cara saling mengingatkan dan menghargai demi kebikan kita bersama" imbuhnya.

0 Response to "Antisipasi Covid-19, Desa Kalidilem Pasang Stiker ODP Dirumah Warga yang Pulang Kampung"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel