Pendamping Desa Randuagung Lakukan Verlap Capaian Output Dana Desa



Randuagung - Bersama dengan tim verifikasi Kecamatan Randuagung Lumajang Pendamping Desa (PD) dan Pendamping Lokal Desa (PLD) lakukan verlap (verifikasi lapangan) capain output penggunaan Dana Desa tahun Anggaran 2018 dan 2019 pada 12 desa di Kecamatan Randuagung.

Menurut salah satu PLD, Imam Mashudi, verlap ini dilakukan rutin setiap tahun sebagai salah satu bentuk pengawasan penggunaan Dana Desa.

"Sampai hari ini (Kamis, 26/9) kami telah lakukan verlap pada 6 desa dari 12 desa yang ada" ujarnya

"Bukan kami untuk mencari kesalahan dalam proses pelaksanaan pembangunan, tapi ini sebagai upaya untuk terus melakukan perbaikan mulai dari proses perencanaan sampai pelaksanaan" imbuhya.

Salah satu Tim verifikasi Kecamatan, Ardiarto Hendro, ST memaparka Proses verlap yang dilakukan setidaknya ada kecocokan volume pekerjaan antara Rencana dan hasil dilapangan.

"Untuk kualitas pembangunan tidak kita lakukan karena memang peralatan uji kualitas yang tidak kita miliki, tapi kita hanya lakukan verifikasi keberadaan dan volume pembangunan saja" paparnya.

"Ini juga menjadi instrumen kami untuk memberikan rekomendasi salur Dana Desa ke RKD (Rekening Kas Desa) agar tidak menjadi masalah dikemudian hari" tambahnya.

Dari hasil verlap, disimpulkan bahwa penggunaan dana desa sudah sesuai dengan apa yang tertuang dalam perdes APBDesa, meski juga harus terus untuk dilakukan perbaikan

Sedangkan penggunaan Dana Desa masih didominasi oleh pembangunan infrastruktur, sedangkan untuk bidang pemberdayaan terbilang masih rendah.

0 Response to "Pendamping Desa Randuagung Lakukan Verlap Capaian Output Dana Desa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel