Desa Sidomulyo Lumajang, Dorong Perekonomian melalui Sektor Pariwisata


Koresponden : Akhirul Febrianto


Pronojiwo - Kemandirian desa menjadi tujuan utama dalam hadirnya Undang-Undang Desa, salah satunya adalah Desa Sidomulyo Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang.

Potensi alam yang selama ini belum dimanfaatkan dengan baik, melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) "SIDO MAKMUR" sedikit demi sidikit mulai dikelola menjadi Desa Wisata dengan memanfaatkan Dana Desa dan kerjasama dengan berbagai pihak khususnya Pemerintah Daerah Kabupaten Lumajang.

Melihat potensi yang dimiliki, Pada tahun 2018 lalu, Desa Sidomulyo telah melaunching Desa Wisata tepatnya pada hari Jum'at, 14 desember 2018 yang bertempat di lokasi Wisata Tumpak Sewu.

Menurut Kepala Desa Sidomulyo, Paiman, "Saat ini segala potensi yang dimiliki desa harus benar-benar dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kesejahteraan masyakat sebagaimana amnah undang-undang desa"

Kegiatan Launching ini merupakan salah satu usaha pemerintah desa yang didukung oleh masyarakat dalam upaya menarik wisatawan berkunjung ke desa Sidomulyo dan bukan hanya untuk wisatawan lokal tapi juga untuk wisatawan luar daerah bahkan mancanegara.

Mashudi selaku Pendamping Ahli bidang Pengembangan Ekonomi Desa mengungkapkan bahwa Pengembangan potensi alam menjadi Desa Wisata, merupakan salah satu trobosan yang saat ini dinilai mampu mendongkrak nilai ekonomi masyarakat, dengan memperhatikan potensi lokal, keselamatan wisata dan kebutuhan anggaran sehingga menjadi potensi wisata secara berkelanjutan.

Selain kita berwisata alam air terjun Tumpak Sewu yang sering kita sebut sebagai "Niagara" nya Indonesia, Paket Desa Wisata yang di tawarkan ada 3 paket yang diantaranya:

Rafting dengan rute sepanjang 7 km dengan waktu tempuh 2 jam (max. 4 orang) hanya dengan membayar 800 ribu/trip termasuk fasilitas makan dan minum, dokumentasi, transportasi serta skipper

Tubing dengan rute sepanjang 4 km dengan waktu tempuh 1,5 jam (max. 5 orang) hanya dengan membayar 500 ribu/trip termasuk fasilitas makan dan minum, dokumentasi, transportasi serta 2 guide (leader and sweeper)

Jeep Tour dengan membayar 500 ribu kita diberikan tiga pilihan rute (Lava Tour, Herritage Tour and Discovery Land) termasuk Jeep dan Driver serta snack.


Selain tiga paket wisata diatas, bagi wisatawan yang ingin bermalam juga disediakan guest hous yang representatif dengan tarif terjangkau dan bagi yang suka nuansa alam terbuka juga disediakan camp area.

0 Response to "Desa Sidomulyo Lumajang, Dorong Perekonomian melalui Sektor Pariwisata "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel