-->

Kerjasama dengan POLIJE, DPMD Lumajang akan Kategorisasi BUMDes



CAKRAWALADESA.COM, Jember - Kepala Pusat Inkubasi Bisnis dan Kewirausahaan (PIBKWU) Politeknik Negeri Jember (POLIJE) Dr. Danang menerima kunjungan Kabid Pemberdayan Perekonomian Masyarakat pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Lamajang, Nanik Indayati, SH, M.Si, di Kantornya pada Kamis (16-07-2020).

Pertemuan tersebut dimaksudkan untuk mebangun kerjasama dalam rangka mendorong perkembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Kabupaten Lumajang.

"Kita akan menyusun indikator untuk melakukan kategorisasi BUMDes yang kemudian akan diklasifikasi menjadi BUMDes kelas A, B dan C", jelas Nanik

Dengan klasifikasi tersebut maka akan dipetakan BUMDes yang masuk kategori Paling Bagus, Bagus dan Sedang sehingga akan mempermudah dalam melakukan fasilitasi oleh DPMD Lumajang.

"Untuk tahap awal, kita akan lakukan pilot project pada 5 sampai 10 BUMDes dengan melakukan analisa bisnis, legalitas produk, bimbingan teknis dan sertifikasi SDM.

Pendamping Ahli bidang Pengembangan Ekonomi Desa Mashudi, S.E., yang turut mendampingi kegiatan mengutarakan bahwa dalam pertemuan tersebut juga dibahas Inkubasi Bisnis BUMDes.

"Dengan inkubator bisnis maka BUMDes pemula diberikan program khusus yang akan memepercepat perkembangan bisnisnya dengan bimbingan perusahaan maupun lembaga seperti PIBKWU ini", ungkapnya

Dan yang lebih penting lagi, pengelola BUMDes harus lebih jeli melihat potensi desa untuk dikelola sebagai kekuatan ekonomi desa dengan memanfaatkan Dena Desa melalui mekanisme musyawarah desa

0 Response to "Kerjasama dengan POLIJE, DPMD Lumajang akan Kategorisasi BUMDes"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel