-->

Kecamatan Randuagung Bersama Pendamping Desa Latih Pemdes untuk Mengisi EPDESKEL Secara Online

CAKRAWALADESA.COM, Randuagung - Pemerintah Kecamatan Randuagung bersama Pendamping Desa Pemberdayaan (PDP) memberikan pelatihan Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan (EPDESKEL) bagi Pemerintah Desa (Pemdes) di Aula setempat pada Jum'at 23 Oktober 2020.

Pelatihan dilaksanakan jam 08.00 WIB diikuti oleh seluruh perwakilan operator desa yang membidangi pengelolaan informasi dan dokumentasi desa sebagai bentuk implementasi dari Permendagri 81 Tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan.   

Menurut Kepala Seksi Pemberdaan Masayarakat Desa  (Kasi PMD) Kecamatan Randuagung, Salli mengungkapkan bahwa kegiatan pelatihan merupakan tindak lanjut pelatihan sebelumnya yang telah dilaksanakan ditingkat kabupaten.

"Beberapa waktu lalu kami yang dilatih EPDESKEL ditingkat kabupaten di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa kabupaten Lumajang", jelasnya.

Ia berharap dengan kegiatan ini Pemerintah Desa mampu mengisi data evaluasi secara online untuk menentukan status tertentu desanya dan dapat mengetahui efektivitas dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat serta mengetahui tingkat kesejahteraan masyarakat.

"Mengisinya mudah tinggal login kemudian isi sesuai petunjuk tapi yang lebih penting adalah kejujuran dalam mengisi sesuai dengan kondisi sebenarnya. Sehingga hasil evaluasi benar-benar sesuai realita", ungkapnya.

Sedangkan PDP Kecamatan Randuagung M. Fawaid Jazuli, ST sebagai pelatih memberikan materi sesuai yang direncanakan. Mulai dari Kapan waktu pengisian, cara login hingga proses posting hasil pengisian data.

"Pengisian EPDESKEL saat ini adalah untuk melakukan evaluasi perkembangan desa tahun 2019 lalu, yang semestinya pengisannya dilakukan pada bulan Januari hingga Maret dan untuk evaluasi tahun 2020 dilakukan nanti diawal tahun 2021", ungkapnya.

Dan menurutnya program ini sangat baik sebagai upaya penilaian penyelenggaraan pemerintahan, kewilayahan, dan kemasyarakatan yang didasarkan pada instrumen evaluasi perkembangan Desa guna mengetahui efektivitas dan status perkembangan desanya.


0 Response to "Kecamatan Randuagung Bersama Pendamping Desa Latih Pemdes untuk Mengisi EPDESKEL Secara Online"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel